Pengin Makin Rupawan? Mandi Saja di Umbul Kroman

Pengin Makin Rupawan? Mandi Saja di Umbul Kroman
Mandi di Umbul Kroman diyakini bisa bikin semakin cantik dan tampan. (klatenkab.go.id)

Di Umbul Kroman, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, pengunjung yang mandi diyakini bisa semakin cantik dan tampan. Mitos ini masih dipercaya hingga sekarang, lo.

Inibaru.id – Ada sebuah mitos yang diyakini warga Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kalau kamu mandi di Umbul Kroman, maka wajahmu bakal jadi semakin rupawan. Yang laki-laki jadi makin tampan, yang perempuan kabarnya bakal jadi makin cantik, lo.

Lokasi Umbul Kroman ada di belakang Embung Mranggen. Sebagaimana kolam-kolam air alami lainnya di Klaten, kondisi Umbul Kroman bersih dengan air yang jernih. Siapa saja yang main ke sana pasti bakal langsung tertarik untuk menceburkan badan ke air yang segar.

Soal mitos air di Umbul Kroman bisa bikin aura rupawan semakin terpancar, warga sekitar mengaku jika hal ini sudah dipercaya cukup lama.

“Sudah sejak kecil mitos itu saya dengar dari sesepuh (Desa Mranggen),” jelas seorang warga sekitar, Surti, Rabu (8/6/2022).

Kepala Desa Mranggen, Miseran, bahkan sempat menceritakan tentang kisah sejumlah orang yang auranya jadi lebih terpancar usai mandi di sana.

“Laki-laki RW 014 atau Dukuh Kropaan mendapatkan istri dari Jogja, Solo, atau Semarang. Dari mana pun, datang ke situ agak kusut auranya. Setelah mandi di situ, beberapa hari akan terlihat ceria. Itu bisa dibuktikan sampai sekarang,” ungkap Miseran dengan yakin, Rabu (8/6).

Kejernihan air di Umbul Kroman. (Solopos/Taufik Sidik Prakoso)
Kejernihan air di Umbul Kroman. (Solopos/Taufik Sidik Prakoso)

Menariknya, nggak semua wisatawan tahu soal mitos ini. Ada yang bahkan datang ke sana karena hanya tertarik menikmati pemandangan alam sekitar dan segarnya air di Umbul Kroman.

“Baru dengar kalau mitos itu,” jelas salah seorang pengunjung yang sayangnya nggak mau menyebutkan namanya pada hari yang sama.

Kondisi Umbul Kroman yang masih asri berkat andil dari warga setempat yang masih menjaga kolam dengan ukuran 15 x 15 meter ini. Kedalamannya aman untuk anak-anak atau orang dewasa, kok. Soalnya, hanya sekitar 30 sampai 75 cm saja. Di sekitar kolam, ada pohon bibis yang membuatnya rindang dan sejuk. Selain itu, adanya sejumlah ikan yang berenang dengan bebas membuat suasana Umbul Kroman jadi semakin alami.

Sayangnya, lokasi Umbul Kroman belum tersentuh fasilitas yang memadai. Lahan parkir, ruang ganti, atau bahkan toilet masih seadanya. Warga pun berharap pemerintah lebih memperhatikan hal ini.

Selain itu, ada rencana kalau air dari Umbul Kroman nantinya juga bisa dikonsumsi. Meski begitu, mengingat selama ini dijadikan tempat pemandian, pemerintah desa (Pemdes) Mranggen pun sedang meminta bantuan peneliti dari UGM dan UNS agar bisa mewujudkan rencana ini.

Hm, jadi tertarik untuk main ke Umbul Kroman agar bisa semakin cantik dan tampan, Millens. Kapan kita ke sana, nih? (Sol/IB09/E05)