BerandaAdventurial
Senin, 24 Okt 2022 11:19

Menilik Keindahan Dieng dari Sisi Lain yang Ada di Kabupaten Batang

Menilik Keindahan Dieng dari Sisi Lain yang Ada di Kabupaten Batang

Keindahan Dieng di sisi Kabupaten Batang. (RadarSemarang/Riyan Fadli)

Dieng nggak hanya masuk wilayah Banjarnegara dan Wonosobo. Ada juga secuil Dieng yang masuk dalam wilayah Kabupaten Batang. Nah, ternyata Dieng di sisi Kabupaten Batang juga punya banyak hidden gem menarik, lo.

Inibaru.id – Banyak orang yang mengira jika Dieng hanya masuk dalam wilayah dua kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Padahal, ada satu kabupaten lain di Jawa Tengah yang juga memiliki wilayah pada dataran tinggi yang dikenal dengan tempat wisatanya ini, yaitu Kabupaten Batang.

Memang, Dieng yang masuk dalam bagian Kabupaten Batang hanya ada di sebagian wilayah Desa Pranten, Kecamatan Bawang. Tapi, bukan berarti di wilayah ini tidak menawarkan keindahan sebagaimana Dieng yang ada di sisi Wonosobo dan Banjarnegara. Di sini, kamu bahkan bisa menemukan banyak hidden gem yang sayang untuk dilewatkan seperti air terjun, pemandian air panas, hingga Tol Khayangan, lo.

Salah satu wisata alam yang harus kamu cek di Desa Pranten adalah Kawah Gunung Sipandu. Lokasinya ada di Dukuh Rejosari. Sayangnya, jalur yang bisa kamu gunakan untuk mengakses lokasi ini cukup sempit. Bakan, hanya ada satu akses jalan yang bisa dilalui satu kendaraan roda empat, yaitu ke arah Basecamp Sipandu via Pawuhan.

Setelah melewati jalur naik turun nan sempit, kamu bakal langsung disajikan pemandangan alam yang luar biasa. Sayangnya, terlihat jelas kalau lokasi tersebut belum dikelola dengan maksimal.

“Dulu area kawah pernah jadi jalur pendakian ke Gunung Sipandu. Memang, jika dikelola bisa jadi lebih baik. Sayangnya, kami masih terkendala sehingga belum bisa melakukannya,” ungkap Sekretaris Desa Pranten Ela Nurlaila sebagaimana dilansir dari Radar Semarang, Minggu (23/10/2022).

Nggak jauh dari kawah, kamu bisa menemukan tempat pemandian air panas. Sayangnya, sebagaimana Kawah Gunung Sipandu, pemandian air panas ini juga belum terurus dengan maksimal. Untungnya, spot wisata lain seperti Curug Malang, Curug Sirawe, dan Gardu Pandang Bintoro Mulyo terlihat sudah lebih baik. Bahkan, Telaga Mendongan cukup populer dijadikan tempat mancing para wisatawan.

Tol Kahyangan di Dieng yang ada di sisi Kabupaten Batang. (Kompas/Anggara Wikan Prasetya)
Tol Kahyangan di Dieng yang ada di sisi Kabupaten Batang. (Kompas/Anggara Wikan Prasetya)

Tol Kahyangan

Salah satu daya tarik utama dari Dieng di sisi Kabupaten Batang adalah adanya Tol Kahyangan, Millens. Meski ada embel-embel tol di sini, jangan dikira jalannya lebar, luas, dan mulus sebagaimana jalan tol. Jalan tol di sini sebenarnya hanyalah jalan biasa yang sering dipakai penduduk dan warga setempat untuk mencapai perkebunan sayur yang ada di perbukitan.

Karena lokasinya ada di perbukitan, otomatis jalannya juga cukup menanjak. Otomatis, kalau kamu pengin mencapai jalan ini, pastikan bahwa kendaraanmu cukup prima untuk melalui jalan yang terus menanjak dengan sudut yang cukup curam.

Tapi, begitu kamu menyelesaikan perjalanan yang cukup menantang, bakal disuguhi pemandangan perbukitan yang sangat indah. Apalagi, persis di sisi kanan dan kiri jalan, terhampar luas perkebunan sayur yang memanjakan mata.

Hm, ternyata Dieng di sisi Kabupaten Batang juga nggak kalah menarik, ya Millens. Jadi, kapan nih kita jalan-jalan ke sana? (Arie Widodo/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved