BerandaAdventurial
Kamis, 29 Sep 2022 13:05

Kapan Alun-Alun Bandungan Dibuka untuk Umum?

Kapan Alun-Alun Bandungan Dibuka untuk Umum?

Alun-alun Bandungan usa dibangun. (Buserjatim)

Meski sudah sering jadi spot untuk berkumpul atau foto-foto, Alun-alun Bandungan belum dibuka untuk umum. Lalu kapan ya tempat berlatar Gunung Merbabu dan Rawa Pening ini diresmikan?

Inibaru.id – Salah satu ikon Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah adalah Alun-alun Bandungan. Meski sudah kerap dijadikan spot untuk ngongkrong atau sekadar foto-foto, hingga saat ini alun-alun itu belum dibuka untuk umum.

"Secara resmi memang belum diserahkan ke DLH (Dinas Lingkungan Hidup). Kalau sudah diserahkan, nanti dikelola dan dibuka untuk umum," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Semarang Heru Purwantoro, Selasa (27/9/2022) dikutip Kompas.

Dulunya, Alun-alun ini merupakan pasar, Millens. Kemudian pembongkaran dimulai pada pertengahan Maret 2021. Para pedagang dipindahkan ke pasar baru yang berjarak sekitar 1 kilometer dari pasar lama tersebut.

Alun-alun ini memiliki desain khas dengan tiga bangunan berbentuk gunungan wayang berukuran besar. Selain itu, penataan taman yang indah juga bakal nggak boleh dilewatkan, dipercantik dengan tulisan raksasa berbentuk kata Bandungan sebagai identitas. Heru menambahkan, Alun-alun Bandungan juga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau.

"Harapannya tentu menambah keindahan, menambah wahana bermain untuk masyarakat juga," ujarnya.

Bukan cuma itu, tempat ini juga menjadi patron penjaga kelestarian dan kebersihan di kawasan Bandungan. "Ini akan berpengaruh terhadap emisi udara yang semakin baik dan bersih. Karena juga untuk mengurai kemacetan yang biasa terjadi setiap akhir pekan, sekarang jalannya semakin lebar," kata Heru.

Pasar Bandungan ketika diratakan dengan tanah untuk pembangunan alun-alun. (Instagram/@masbag)
Pasar Bandungan ketika diratakan dengan tanah untuk pembangunan alun-alun. (Instagram/@masbag)

Salah seorang warga bernama Maria Hesti menilai Alun-alun Bandungan sangat bagus, serta bisa dikunjungi setelah wisatawan berkeliling dan berbelanja di Pasar Bandungan Baru.

"Namun sampai sekarang belum boleh dimasuki, sehingga kesannya malah tidak terawat," kata Hesti.

Menurut perempuan ini, keberadaan Alun-alun Bandungan yang berada di lokasi strategis harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Bandungan kan sudah terkenal, kalau Alun-alun bisa dimaksimalkan maka akan lebih bagus lagi dan tambah ramai," tambahnya.

 Berbenah untuk Gaet Wisatawan

FYI, kawasan Bandungan terus berbenah. Nggak salah jika kamu perhatikan, Bandungan makin apik. Pemerintah Kabupaten Semarang terus melakukan pembenahan untuk memanjakan wisatawan yang mengunjungi daerah sejuk di kaki Gunung Ungaran tersebut.

Apalagi, di kawasan ini sudah banyak tempat wisata populer yang selalu dipadati wisatawan setiap akhir pekan seperti Candi Gedung Songo, Taman Bunga Celosia, dan Umbul Sidomukti.

Hm, kawasan Bandungan memang nggak pernah bikin kecewa ya, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved