inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Menilik Candi Selogriyo, Satu dari Sekian Banyak Hidden Gem di Magelang
Sabtu, 10 Feb 2024 15:52
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Candi Selogriyo, hidden gem di Magelang. (Wikipedia/TeshTesh)

Candi Selogriyo, hidden gem di Magelang. (Wikipedia/TeshTesh)

Pengin main ke hidden gem di Magelang? Cobain deh datang ke Candi Selogriyo. Nggak hanya lokasinya yang masih asri, di candi ini juga ada mata air yang konon bisa bikin awet muda, lo.

Inibaru.id – Kalau bicara tentang candi di Magelang, yang terpikir kali pertama tentu Candi Borobudur. Selain itu, ada pula Candi Mendut yang lokasinya nggak jauh dari situ. Nah, kalau kamu pengin melihat candi lainnya yang kurang populer namun nggak kalah indah, bisa lo datang ke Candi Selogriyo.

Meski lokasinya ada di Kabupaten Magelang, Candi Selogriyo berjarak cukup jauh dari Candi Borobudur. Maklum, letaknya ada di lereng bagian timur Gunung Sumbing, tepatnya di Desa Windusari, Kecamatan Windusari. Dari Alun-alun Kota Magelang, jaraknya kurang lebih 12 kilometer ke arah barat laut. Kalau dari Candi Borobudur, jaraknya kurang lebih 35 kilometer.

Berada di ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan air laut, udara di sekitar candi ini cukup segar. Apalagi, alam di sekitar candi memang masih terjaga keasriannya.

Para peneliti sudah memastikan bahwa Candi Selogriyo dibangun pada abad ke-8 Masehi alias di masa yang sama dengan pembangunan sejumlah candi di Dataran Tinggi Dieng. Bercorak Hindu, candi ini dibangun saat Kerajaan Mataram Hindu berada di bawah kekuasaan Wangsa Sanjaya.

Keunikan lain dari candi ini adalah lokasinya yang ada di puncak bukit. Meski dipastikan menghadap ke timur, setiap sisi dari Candi Selogriyo dilengkapi dengan lima relung yang berisi arca-arca dewa, yaitu Ganesa yang ada di sisi candi bagian barat, Durga Mahisasuramardini yang ada di sisi utara candi, Agastya yang ada di sisi selatan candi, serta Nandiswaradan Mahakala yang ada di sisi timur.

Lokasi Candi Selogriyo ada di atas bukit. (Getlost.id)
Lokasi Candi Selogriyo ada di atas bukit. (Getlost.id)

Keberadaan arca-arca ini membuat para peneliti memastikan kalau candi ini dipakai sebagai tempat ibadah atau tempat pemujaan. Para dewa. Selain itu, candi ini juga diperkirakan jadi tempat raja atau keluarga kerajaan menyepi, Millens.

O ya, karena posisinya yang ada di puncak bukit, kalau kamu tertarik untuk mengunjungi candi yang buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB, harus bersiap untuk melakukan trekking yang cukup menguras tenaga. Apalagi, jarak jalan setapak berbatu untuk mencapai bangunan candi dari tempat parkir cukup jauh, yaitu kurang lebih 2 kilometer.

Tapi, nggak perlu khawatir. Begitu sampai di lokasi candi, rasa lelah bakal tergantikan dengan keindahan candi dan keasrian alam di sekitarnya. Apalagi, hanya sekitar 10 meter dari bangunan candi terdapat mata air segar yang dipercaya bisa menyembuhkan sejumlah penyakit dan bikin awet muda.

Yang pasti, harga tiket masuk hidden gem di Magelang ini nggak mahal, yaitu Rp5 ribu per orang. Cocok banget ya buatmu yang pengin menghabiskan akhir pekan. Jadi, kapan nih kita main ke Candi Selogriyo, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved