Dibuka Saat Libur Lebaran 2022, Ada 4 Wisata Baru di Banyumas

Dibuka Saat Libur Lebaran 2022, Ada 4 Wisata Baru di Banyumas
Menara pandang Purwokerto. (instagram @fathan_drone)

Kalau kamu mudik di wilayah Banyumas dan sekitarnya saat Lebaran nanti, coba deh 4 tempat wisata baru di kabupaten tersebut. Dijamin bakal memanjakan matamu, deh.

Inibaru.id – Libur Lebaran 2022 memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Soalnya, kamu bisa kembali melakukan mudik ke kampung halaman, sesuatu yang dilarang oleh pemerintah dalam dua tahun belakangan. Nah, kalau kamu mudik ke Banyumas dan sekitarnya, bakal bisa menikmati sejumlah tempat wisata baru, lo.

Lebaran pada 2020 dan 2021 terasa jauh lebih sepi dari biasanya. Maklum, pandemi Covid-19 membuat pemerintah membatasi akses masyarakat untuk pulang kampung. Alhasil, banyak orang memilih untuk tetap di rumah saja demi alasan kesehatan.

Memang, pandemi masih belum benar-benar selesai. Namun, kasus penularannya semakin melandai. Kondisi rumah sakit juga jauh lebih lega dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, contohnya saat varian Omicron sedang di puncak-puncaknya pada pertengahan 2021. Hal ini membuat pemerintah mulai memperbanyak kelonggaran di sana-sini.

Nah, kalau kamu mudik ke wilayah Banyumas dan kabupaten-kabupaten di sekitarnya, kenikmatan liburanmu bakal lebih sahih jika berkunjung ke empat tempat wisata baru. Tempat tempat tersebut adalah Menara Pandang Indraparna Baturraden, Madhang Maning Park Purwokerto, Menara Pandang Purwokerto, serta Taman Apung Mas Kemambang Purwokerto.

Menara pandang Baturraden. (radarbanyumas.co.id)
Menara pandang Baturraden. (radarbanyumas.co.id)

Kalau menurut keterangan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani, Taman Apung Mas Kemambang dulu dikenal luas sebagai Taman Bale Kemambang. Rencananya, tempat wisata ini bakal dibuka di hari kedua Lebaran 2022. Di sana, nanti juga bakal diadakan festival lampu.

Nah, tempat wisata baru lainnya, yakni Menara Pandang Purwokerto dan Madhang Maning Park bisa kamu temui di Jalan Bung Karno, Kawasan Kota Baru Purwokerto. Khusus untuk Madhang Maning, dari namanya saja bisa kamu tebak kan? Yap, tempat ini adalah lokasi wisata kuliner khas Banyumas!

“Keempat destinasi wisata baru tersebut dikelola oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pariwisata. Lokawisata Baturraden yang selama ini menjadi andalan Banyumas juga akan dikelola oleh BLUD Pariwisata,” ungkap Asis, Rabu (13/4/2022).

Wah, tempat-tempat wisata baru di Banyumas ini sepertinya menarik untuk dikunjungi saat libur Lebaran nanti ya, Millens. Apakah kamu juga pengin datang ke sana? (Kom/IB09/E05)