Wisata ke Dieng Banjarnegara Seharian, Bisa Berkunjung ke Mana Saja?

Wisata ke Dieng Banjarnegara Seharian, Bisa Berkunjung ke Mana Saja?
Wisata ke Dieng Banjarnegara bisa dilakukan seharian. Ke mana saja? (Flickr/ Anandajoti Bhikkhu)

Nggak harus berhari-hari, kamu bisa lo wisata ke Dieng Banjarnegara seharian doang. Di sana ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu sambangi. Hm, ke mana saja ya?

Inibaru.id – Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Jawa Tengah adalah Dieng. Nah, tempat ini bisa kamu temukan di Kabupaten Banjarnegara. Kalau kamu wisata ke Dieng Banjarnegara selama seharian, kira-kira bisa berkunjung ke mana saja, nih?

Dieng berada di dataran tinggi. Tapi, bukan berarti kamu hanya akan bisa menikmati pemandangan gunung. Di Dieng ada banyak sekali tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah Kawah Sikidang.

Kalau menurut keterangan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto, wisata ke Dieng Banjarnegara bisa dilakukan seharian. Agar puas, sebaiknya kamu mulai jalan-jalan pagi-pagi.

“Bisa wisata sehari, dari pagi sudah berangkat. Jam enam pagi,” ungkap Agung pada Senin (26/4/2021).

Kalau begitu caranya, sebaiknya kamu mencari penginapan di Dieng agar bisa memulai perjalanan sepagi mungkin. Nah, biar bisa cukup seharian, coba deh kamu mulai perjalanan dari Kawah Sikidang.

1.       Kawah Sikidang

Jadi gini, Millens, kalau kamu mau masuk ke Kawah Sikidang, tinggal membayar tiket seharga Rp 20 ribu. Tiket ini juga sudah termasuk akses ke Candi Arjuna. Setelah memasuki area kawah ini, kamu akan disuguhi pemandangan cantik berupa kawah aktif yang masih dipenuhi belerang. Kamu nggak boleh dekat-dekat ke kawah ini karena suhunya bisa sangat panas, lo.

Nah, kawah ini sudah buka sejak pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Bisa menikmati pemandangan cantik di pagi hari, deh.

Candi Arjuna di Dieng. (Flickr/

Bryn Pinzgauer)
Candi Arjuna di Dieng. (Flickr/ Bryn Pinzgauer)

2.       Candi Arjuna

Jarak antara Candi Arjuna dan Kawah Sikidang hanyalah 1,5 km. Jadi, kamu bisa kok jalan kaki ke sana. Nah, kalau kamu beruntung, bisa lo menikmati pagi hari di Candi Arjuna sambil melihat embun upas yang membuat rerumputan terlihat seperti membeku.

Candi Arjuna buka dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Pastikan untuk membawa pakaian tebal agar nggak kedinginan saat berada di sana, ya?

3.       Telaga Merdada

Telaga Merdada memiliki jarak cukup jauh dari Candi Arjuna, yakni sekitar 3,8 km. Hanya, pemandangannya sangatlah luar biasa sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Nggak hanya menikmati pemandangan di pinggir telaga, kamu juga bisa lo memancing atau naik perahu untuk menuju bagian tengah telaga yang masih asri ini.

4.       Telaga Dringo

Telaga Dringo memiliki jarak 12,2 km dari Telaga Merdada. Yang menarik dari telaga ini adalah pemandangannya yang dihiasi dengan kebun the. Nah, kalau mau masuk, siapkan tiket masuk sebesar Rp 5.000, ya?

Telaga Dringo. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)
Telaga Dringo. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

5.       Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka ini hanya berjarak 1,6 km dari Telaga Dringo. Jangan tanya deh soal pemandangannya seperti apa. Pasti super keren, Millens. Nah, kamu bisa datang ke tempat ini hingga pukul 17.00 WIB. Tiket masuknya juga nggak mahal, kok, yakni Rp 5.000.

6.       Sumur Jalatunda

Meski namanya sumur, kedalamannya sekitar 100 meter, lo. Di bibir Sumur Jalatunda, ada tebing-tebing curam yang lumayan berbahaya. Hanya, pemandangannya sangat luar biasa, Millens.

Tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang. Nah, lokasi ini buka pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

7.       Telaga Sewiwi

Telaga Sewiwi memang nggak sebesar telaga-telaga yang sudah disebutkan sebelumnya. Hanya, tempat ini juga pemandangan yang nggak kalah cantik, kok, Millens. Bahkan, ada lo pintu gerbang yang instagrammable banget, pokoknya.

Kalau mau ke sana, siapkan uang untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 5000, ya. Nah, Telaga Sewiwi ini buka dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Gimana, Millens, tertarik wisata seharian di Dieng Banjarnegara, kan? Kunjungi saja tempat-tempat tersebut, deh. (Kom/IB09/E05)