inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Danau Banaran Kendal: Kamu Bisa 'Berjalan' di Atas Air
Jumat, 17 Mei 2024 09:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Berjalan di atas air Danau Banaran Kendal. (IG/2013_ellisa)

Berjalan di atas air Danau Banaran Kendal. (IG/2013_ellisa)

Nggak hanya menawarkan pemandangan alam yang cantik, kamu bisa mencicipi sensasi berjalan di atas air saat berada di Danau Banaran Kendal, Jawa Tengah. Kok, bisa?

Inibaru.id – Kamu pasti pernah mendengar cerita nabi yang berjalan di atas air. Nah, kalau datang ke Danau Banaran, Kendal, Jawa Tengah, kamu bisa lo merasakan sensasi berjalan di atas air meski nggak benar-benar mengambang. Memangnya, bagaimana sih caranya?

Sebelum jauh membahas tentang sensasi berjalan di atas air tersebut, kita bahas dulu yuk soal Danau Banaran! Lokasinya ada di kawasan kebun cengkeh, Desa Bringinsari, Kecamatan Sukorejo. Kalau kamu membawa kendaraan dari pusat kota Kendal, perlu menempuh jarak kurang lebih 45 menit ke arah barat daya, Millens.

Sebenarnya, alih-alih disebut sebagai danau yang biasanya terbentuk secara alami, Danau Banaran lebih pas disebut sebagai bendungan. Realitanya, air tersebut memang sengaja dibendung oleh PTP Banaran untuk kebutuhan perkebunan yang dikelola perusahaan tersebut. Namun, karena lokasinya yang cantik, dikelilingi alam yang masih asri, dan berada di kawasan perbukitan, danau ini pun jadi populer dijadikan destinasi masyarakat Kendal dan sekitarnya.

Pantulan pepohonan hijau dan birunya langit di air bendungan pun membuatnya terkesan seperti danau alami. Nah, karena danau ini buatan manusia, terdapat semacam jalan kecil hingga ke bagian tengah danau yang bisa kamu pijak sehingga membuatmu seperti berjalan di atas air. Kamu pun bisa berfoto dengan pose berdiri atau berjalan di tengah-tengah danau. Keren, kan?

Danau Banaran Kendal memiliki pemandangan alam yang cantik. (Twitter/Armada7Ari)
Danau Banaran Kendal memiliki pemandangan alam yang cantik. (Twitter/Armada7Ari)

“Suhunya sejuk, pemandangan alamnya juga keren. Tapi tetap daya tariknya adalah bisa berjalan di atas air danau. Walau tentu sepatunya jadi basah,” ungkap salah seorang pengunjung yang berasal dari Kaliwungu, Kendal, bernama Syukron sebagaimana dilansir dari Radarsemarang, Selasa (7/5/2024).

Nah, kalau kamu pengin mendapatkan pengalaman sebagaimana yang dirasakan Syukron, pastikan datang ke danau pada waktu yang tepat, ya! Meskipun buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB -17.00 WIB, jalan menuju danau tersebut masih nggak bagus.

Banyak jalan yang berlubang atau berlumpur. Artinya, kamu harus menyiapkan kendaraan dalam kondisi prima. Fisikmu juga harus benar-benar fit untuk dipakai menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, apalagi jika kamu datang ke sana pas musim hujan.

Untungnya, begitu sampai ke lokasi danau, kamu nggak akan ditarik tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan yang dijaga sejumlah relawan penjaga danau.

Pastikan saja pas main ke Danau Banaran, Kendal, kamu menjaga kebersihan ya, Millens! Jadi pemandangan alam yang asri di sana tetap terjaga. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved