BerandaTradisinesia
Senin, 9 Jan 2023 16:01

Umat Konghucu di Solo Sambut Imlek dengan Ritual Tolak Bala

Umat Konghucu di Solo Sambut Imlek dengan Ritual Tolak Bala

Umat Konghucu Kota Solo menggelar ritual Pao Un atau tolak bala di tempat ibadah Tridharma Klenteng Tie Kok Sie. (Dok. Metro TV)

Sebentar lagi Tahun Baru Imlek. Umat Konghucu di Solo menyambutnya dengan menggelar ritual Pau Un atau tolak bala. Upacara tersebut bertujuan membersihkan diri dari kesialan. Seperti apa ritualnya, ya?

Inibaru.id - Tahun Baru Imlek 2023 jatuh pada hari Minggu tanggal 22 Januari. Itu artinya, Imlek tinggal menunggu hari saja.

Menyambut datangnya hari besar itu, umat Konghucu Kota Solo menggelar ritual Pao Un atau tolak bala di tempat ibadah Tridharma Klenteng Tie Kok Sie. Ritual ini sebagai bentuk menebus kesalahan yang dilakukan dalam setahun lalu.

"Tradisi Pao Un jika diartikan dalam bahasa jawa adalah ruwatan. Sementara dalam Bahasa Indonesia artinya tolak bala. Upacara ini sebagai penanda dimulainya Imlek," terang Ketua Yayasan Kelenteng Tien Kok Sie Solo Sumantri Dana Waluya pada Minggu (8/1/2023).

Sumantri menyebut sebanyak 888 burung pipit dan 888 ikan lele dilepas sebagai penanda karma baik dengan memberi kebebasan kepada makhluk hidup lain. Umat Tri Dharma percaya bahwa perbuatan baik dapat membawa kebaikan kembali bagi kehidupan mereka.

Upacara Pao Un juga diwarnai dengan ritual pemotongan rambut dan siraman air bunga. Ritual pembersihan ini juga menjadi prosesi utama Pao Un.

Mereka yang mengikuti ritual ini kebanyakan disebabkan karena Shio yang mereka miliki dianggap kurang bagus di tahun kelinci 2023 ini.

"Biasanya rambut umat dipotong sedikit kemudian dilanjut siraman yang melambangkan membersihkan diri kita dari segala keburukan dan kesialan," kata Sumantri.

Para peserta ritual Pao Un atau tolak bala ini nggak hanya datang dari kota Solo, namun beberapa peserta juga datang dari luar kota Solo. Mereka berharap dapat mengarungi tahun kelinci ini dengan rukun dan penuh kedamaian.

Tradisi yang unik dan memiliki makna mendalam tersebut nggak cuma ada saat menjelang Imlek saja. Di momentum Tahun Baru Imlek ada banyak tradisi yang menarik lainnya yang bisa kita simak. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Jelang Imlek, Umat Konghucu Kota Solo Gelar Ritual Tolak Bala.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved