BerandaTradisinesia
Selasa, 1 Nov 2022 16:57

Sejarah Light Stick, Sejak Kapan Jadi Identitas Fandom K-Pop?

Sejarah Light Stick, Sejak Kapan Jadi Identitas Fandom K-Pop?

Konser BTS dengan para fandom yang membawa Army Bomb dan membuat light stick ocean. (Facebook/Bangtan Pa More)

Light stick kini menjadi salah satu benda yang jadi identitas fandom K-pop. Barang ini hampir pasti dibawa di setiap konser grup musik idol. Seperti apa ya sejarah dari benda yang satu ini?

Inibaru.id – Virus budaya Korea sudah benar-benar menjangkiti anak-anak muda Indonesia. Berbagai macam hal seperti drama Korea, musik K-pop, atau bahkan makanan dan skincare khas Negeri Ginseng kini menjadi hal yang diburu generasi muda Tanah Air.

Saking larisnya lagu-lagu K-Pop di Indonesia, fandom, sebutan bagi kelompok penggemar grup musik K-Pop, cukup banyak di Bumi Pertiwi. Mereka nggak hanya rajin mendengarkan musik atau menanti berita-berita terbaru dari idolanya. Mereka juga rela membeli sejumlah atribut dan pernak-pernik khas idolanya, termasuk memiliki light stick yang bisa digunakan saat grup idolanya manggung.

Awal Mula Light Stick Dipakai Fandom K-Pop

Dikutip dari Sindonews (12/06/20), tren fandom yang membawa light stick ke konser idolnya bermula dari penggemar grup K-Pop Big Bang. Ide penggunaan light stick tersebut kali pertama dilontarkan pada 2006 oleh G-Dragon, pentolan Big Bang. Alasannya, mereka pengin bisa melihat di mana para VIP, nama fandom Big Bang, saat manggung.

O ya, light stick yang dipopulerkan Big Bang juga memiliki nama tersendiri, yaitu Bang Bong. Karena eksklusif, Bang Bong pun punya bentuk unik, yaitu berbentuk crown dengan warna kuning cerah.

Perkembangan Light Stick

<i>Bang Bong, light stick berbentuk crown pertama yang dibuat untuk memeriahkan konser group musik K-Pop. (Twitter @BEAUTIFUL__LS)</i>
<i>Bang Bong, light stick berbentuk crown pertama yang dibuat untuk memeriahkan konser group musik K-Pop. (Twitter @BEAUTIFUL__LS)</i>

Perlahan tapi pasti, semakin banyak fandom grup musik K-pop yang memakai light stick-nya sendiri dengan bentuk dan warna khas. Keberadaan light stick ini pun seperti menjadi identitas yang wajib dimiliki anggota fandom tersebut.

Selain Bang Bong yang dikenal sebagai light stick khas Big Bang, ada juga jenis light stick lainnya seperti Army Bomb yang dipakai fandom BTS, Candy Bong yang dimiliki fans Twice, Bi-Pong-Pong yang dimiliki penggemar Blackpink, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari K-Drama (06/09/21), saking pentingnya keberadaan light stick, sampai ada konser yang membuat para fans wajib membawanya. Mereka harus memasukkan nomor kursi yang mereka pesan pada aplikasi mobile light stick agar bisa bergabung dalam keseruan “K-Pop Light Stick Ocean”.

Fitur Unik dan Bentuk Berbeda

Kalau kamu penasaran dengan istilah tersebut, K-Pop Light Stick Ocean adalah atraksi para fandom saat konser yang membuat ribuan light stick bercahaya seperti ombak di lautan. Pantas saja ya, setiap konser K-Pop terlihat sangat seru!

Omong-omong, sebenarnya light stick lebih dari sekadar tongkat yang bisa menyala. Benda ini memiliki sejumlah fitur seperti Bluetooth hingga memungkinkan dipakai oleh sepasang kekasih. Bahkan, ada juga light stick yang disesuaikan dengan nomor kursi konser yang sudah dipesan.

Karena keunikan inilah, wajar jika light stick kini seperti menjadi benda yang wajib dimiliki para penggila idol K-Pop. Meski terkadang harganya mahal, asalkan bisa membuat mereka memiliki identitas sebagai bagian fandom tertentu, bakal rela kok membelinya.

Jika kamu adalah salah satu penyuka grup musik K-Pop, apa saja nih jenis light stick yang pernah kalian beli? (Kharisma Ghana Tawakal/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved