Masjid Tertua di Indonesia, Ada di Mana?

Masjid Tertua di Indonesia, Ada di Mana?
Masjid Saka Tunggal di Banyumas, masjid tertua di Indonesia. (Wikipedia/Crisco1492)

Bukan Masjid Agung Demak, ada lo masjid yang usianya jauh lebih tua dan tetap bisa dipakai hingga sekarang. Di mana ya masjid tertua di Indonesia, itu?

Inibaru.id – Kalau kamu ditanya tentang masjid tertua di Indonesia, pasti yang dikira adalah masjid-masjid bersejarah seperti Masjid Agung Demak. Padahal, ada lo masjid yang usianya lebih tua dan bersejarah. Di mana saja ya masjid tertua di Indonesia itu?

Masjid Saka Tunggal yang ada di Banyumas, Jawa Tengah

Tebak, sejak kapan Islam masuk ke Indonesia? Yap, agama yang kini dianut sebagian besar warga Tanah Air ini ternyata datang pada abad ke-11. Hal ini berarti, sangat wajar kalau ada masjid yang dibangun di masa tersebut.

Nah, kalau soal masjid tertua di Indonesia yang masih ada dan digunakan, maka masjid itu adalah Masjid Saka Tunggal Banyumas.

Masjid ini ada di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon. Tebak, kapan masjid ini didirikan? Ternyata sudah ada sejak 1288 alias sudah berdiri selama 733 tahun. Yang luar biasa, masjid ini masih kokoh dan bisa digunakan untuk salat berjemaah!

Masjid Saka Tunggal. (Youtube/Bambang Hengky)
Masjid Saka Tunggal. (Youtube/Bambang Hengky)

Di sekitar lingkungan masjid, kamu bisa merasakan suasana asri karena banyaknya pepohonan. Bahkan, saking terjaganya alam di sana, cukup banyak monyet ekor panjang yang tinggal di sekitar masjid. Menariknya, monyet-monyet ini sama sekali nggak mengganggu orang yang datang ke masjid, lo.

Keunikan dari masjid ini adalah nggak adanya pengeras suara untuk azan. Jadi, muazin harus benar-benar mengumandangkannya dengan lantang agar orang-orang di sekitar masjid tahu bahwa waktu beribadah telah tiba.

Masjid Wapauwe di Maluku Tengah

Nah, masjid berikutnya yang masuk dalam daftar masjid tertua di Indonesia ternyata ada di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Masjid ini bernama Masjid Wapauwe di Kaitetu, Leihitu.

Masjid Mapauwe. (kebudayaan.kemdikbud.go.id)
Masjid Mapauwe. (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Didirikan pada 1414, masjid ini jadi saksi bisu masuknya Islam ke Maluku. Pada saat itu, banyak pedagang darai Arab dan Gujarat yang datang ke Maluku untuk melakukan perdagangan rempah. Nah, mereka juga ikut menyebarkan ajaran agama Islam.

Yang menarik adalah bangunan masjid ini yang memiliki bentuk mirip joglo yang sangat khas Jawa. Sekilas, kamu seperti melihat kemiripan dengan Masjid Agung Demak. Keunikan lain dari masjid ini adalah meski terbuat dari paku, nggak satupun memakai paku karena memakai pasak.

Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel. (KSMTour)
Masjid Sunan Ampel. (KSMTour)

Balik lagi ke Jawa, Millens. Masjid tertua di Indonesia lainnya adalah Masjid Sunan Ampel di Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini didirikan pada 1421 oleh Sunan Ampel, salah satu dari Wali Songo, tokoh yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Indonesia.

Masjid ini berdiri seiring dengan berjayanya Kerajaan Demak. Nah, saking bersejarahnya masjid ini, Pemkot Surabaya sampai menjadikannya salah satu destinasi wisata religi andalan kota tersebut sejak 1972.

Dari semua masjid tertua di Indonesia ini, kamu pernah berkunjung ke mana saja, Millens? (Buz/IB09/E05)