inibaru indonesia logo
Beranda
Pasar Kreatif
Keren, Home Industry Limbah Plastik Syam's Handicraft Gallery Pati Go International!
Rabu, 24 Mei 2023 17:58
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Produk tas dari Syam's Handicraft Gallery terbuat dari limbah plastik. (Ikaundip/Patricia Tambunan)

Produk tas dari Syam's Handicraft Gallery terbuat dari limbah plastik. (Ikaundip/Patricia Tambunan)

Produk tas dari Syam's Handicraft Gallery di Pati, Jawa Tengah memang terbuat dari bahan limbah plastik. Tapi, berkat desain yang keren dan up to date, produk-produk tersebut mampu go International dan menembus pasar Jepang!

Inibaru.id – Siapa bilang produk limbah plastik nggak laku di pasaran? Hal inilah yang dibuktikan oleh Syams Handicraft Gallery dari Pati, Jawa Tengah. Produk-produknya nggak hanya laku di pasar lokal, melainkan sampai go international, lo!

Syam’s Handicraft Gallery didirikan oleh Syahrial Aman, lulusan Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro angkatan 2005 dan istrinya, Sri Indri Astuti, lulusan Keperawatan Undip angkatan 2005. Mereka memang sengaja mencari bisnis di mana pelaku usahanya masih sedikit namun memiliki peluang besar. Pilihan pun dijatuhkan pada pembuatan barang-barang dari limbah plastik.

“Kita mulai tahun 2018. Awalnya terpikir untuk membuat sesuatu dari limbah plastik. Tapi lama-lama kami menyadari kalau produknya bisa dikembangkan mengikuti fesyen pada zamannya,” ungkap Syahrial sebagaimana dilansir dari Ikaundip, (1/3/2021).

Nggak hanya dijual di pasar lokal, produk Syam’s Handicraft berupa tas dengan berbagai macam ukuran, model, dan warna ini dijual di Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. Bahkan, berkat pemasaran digital, produknya sudah sampai ke Jepang!

“Iya, pada 2020 lalu sudah berhasil masuk pasar Jepang. Ada reseller kami yang memasarkan sekitar 1500 tas. Sampai sekarang masih lanjut,” ungkap Syahrial.

Uniknya, keberhasilan masuk ke pasar Negeri Matahari Terbit ini seperti telah ‘diprediksi’ saat Syahrial dan Indri memilih nama usahanya. Yap, nama Syam mereka pilih dari salah satu surat dalam Alquran, yaitu Asy-Syams yang berarti Matahari. Ternyata, produk mereka benar-benar sampai ke Negeri Matahari Terbit!

Mendapatkan Dukungan dari Pemerintah Lokal

Syam's Handicraft Gallery mendapatkan kunjungan dari Dekranasda Kabupaten Pati. (Isknews)
Syam's Handicraft Gallery mendapatkan kunjungan dari Dekranasda Kabupaten Pati. (Isknews)

Keberhasilan usaha limbah plastik Syams Handicraft Gallery ternyata sampai mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Pada Minggu (21/5/2023), Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pati Faiza Henggar dan Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Pati sampai mengunjungi lokasi usaha yang ada di Desa Beringin kecamatan Juwana terebut.

“Kerajinan tas anyam dari sini desainnya cantik, rapi, dan elegan. Nggak ada yang menyangka tasnya dibuat dari bahan limbah plastik. Apalagi, penjualannya sudah menembus pasar Jepang,” ungkap Faiza sebagaimana dilansir dari inews, Selasa (23/5).

Faiza juga berterima kasih kepada Syam’s Handycraft gallery karena telah membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar, khususnya kaum perempuan. Dia pun memastikan bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan kepada pengrajin di Pati agar terus bisa bersaing di pasar lokal dan internasional.

Kamu tertarik nggak nih dengan produk tas yang dibuat dari limbah plastik yang dibuat Syam’s Handycraft Gallery, Millens? Kalau iya, nggak perlu jauh-jauh datang ke lokasinya langsung. Bisa kok cek dulu di akun Instagramnya, yaitu di @syamsindonesia. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved