Brand Ambassador, Duta Merek yang Bikin Reputasi Lebih Baik

Brand Ambassador, Duta Merek yang Bikin Reputasi Lebih Baik
Maudy Ayunda, duta merek sebuah brand kecantikan. (MI/Sumaryanto Bronto)

Istilah brand ambassador atau duta merek mungkin terdengar kekinian. Tapi, sebenarnya ini hanyalah strategi pemasaran lama iklan mulut ke mulut. Strategi boleh lawas, namun nyatanya tetap berhasil membuat citra sebuah produk lebih baik.

Inibaru.id – Mungkin kamu termasuk orang yang lebih percaya pada produk atau jasa yang direkomendasikan keluarga atau teman. Kini, lingkup kepercayaan itu bertambah luas. Kamu bisa saja meyakini manfaat suatu produk karena dibawa orang lain.

Kekuatan pemasaran ini juga bisa kamu manfaatkan, Millens. Yap, kamu bisa memakai jasa seorang brand ambassador atau duta merek untuk mempromosikan produkmu.

Pengertian Brand Ambassador atau Duta Merek

Duta merek adalah seseorang yang benar-benar menggunakan dan menyukai produk kamu kemudian mempromosikannya kepada orang lain guna meningkatkan kesadaran akan kelebihan produk tersebut sehingga mendorong jumlah penjualan. Dengan kata lain, duta merek harus selalu memakai dan memilih merek tersebut dibanding produk sebelah (kompetitor).

Mereka yang dapat didapuk menjadi duta merek adalah orang terkenal yang mempunyai pengaruh atau follower yang cukup besar. Tapi, hal ini nggak pakem kok. Kalau bisnismu masih skala kecil, kamu sendiri bisa menjadi duta merek produkmu sendiri.

Selain itu, kamu bisa juga melirik blogger atau penguna setia produkmu. Banyak kok blogger yang memberi ulasan setelah mencoba suatu produk dan merekomendasikannya kepada para pembaca.

Pentingkah Duta Merek untuk Bisnis?

Pentingkah keberadaan seorang duta merek? (Paper.id)
Pentingkah keberadaan seorang duta merek? (Paper.id)

Kamu mungkin berpikir kalau bisnis kecil nggak butuh yang namanya duta merek. Padahal, untuk mendongkrak penjualan, duta merek tetap diperlukan. Apa saja yang bisa kamu dapat dengan menggunakan duta merek?

1. Melindungi Reputasi Perusahaan

Duta merek dapat melindungi reputasi perusahaan dari pemberitaan buruk di masyarakat. Mereka akan membela dan menyuarakan opini untuk membela produk. Selain itu, mereka juga akan menyampaikan pengalamannya ketika menggunakan produk atau jasa yang kamu punya. Dengan “kata-kata ajaib” duta merek, suasana akan kembali tenang.

2. Membuat Merek Terasa Lebih Manusiawi

Eh, kamu ingat nggak berapa lama Anggun menjadi duta merek sampo yang terkenal itu? Atau Maudy Ayunda yang menjadi brand ambassador produk kecantikan? Lama juga kan? Nah, banyak perusahaan yang memakai jasa duta merek dalam waktu yang lama.

Tujuannya, pelanggan lebih suka membeli produk dari manusia lain ketimbang merek yang terkesan nggak punya wajah. Dalam hal ini, Anggun dan Maudy Ayunda telah memberi wajah pada merek yang dibawanya hingga melekat di ingatan masyarakat. 

3. Menyuarakan Opini di Lingkaran Sosial Mereka

Banyak orang yang percaya review seorang duta merek sehingga ikut membeli produk tersebut. (Ideamarketing.com)
Banyak orang yang percaya review seorang duta merek sehingga ikut membeli produk tersebut. (Ideamarketing.com)

Pada umumnya, sebelum membeli suatu produk atau jasa, masyarakat akan berusaha mencari opini orang lain terlebih dulu. Memang, biasanya sebuah produk sudah memiliki saluran media sosial. Sayangnya, pengikutnya hanya sebatas lingkaran sosial mereka saja.

Tapi, coba lihat media sosial duta merek yang mampu menembus lingkaran ini dan membuat ikatan yang lebih personal. Suara mereka akan lebih mudah didengar dan meningkatkan brand awareness.

4. Kekuatan Pesan Mulut ke Mulut yang Lebih Luas

Biasanya, duta merek telah mempunyai pengikut yang sangat banyak. Nggak cuma itu, mereka juga memiliki afiliasi profesional yang cukup kuat. Dengan menggunakan jasa mereka untuk meningkatkan brand awareness, pastinya akan sangat bermanfaat untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Contoh simpelnya begini, kamu mempunyai 15 orang duta merek yang masing-masing orang memiliki 10 ribu pengikut di Twitter. Mereka akan dengan mudah memberitahukan mengenai sebuah merek kepada 150 ribu orang. Bayangkan, 150 ribu orang ini juga akan memberitahukan mengenai produk ini kepada orang lain. Begitulah kira-kira bagaimana kekuatan ini bekerja.

5. Meningkatkan Traffic Halaman Situs

Duta merek biasanya memiliki blog, situs, atau media sosial sendiri. Ketika mereka membahas produk kamu, dengan mudah mereka dapat menambahkan backlink atau referral. Dengan begitu, inbound traffic situs produkmu akan mengalami kenaikan dan lebih mudah mencapai calon pelanggan lainnya.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat memiliki duta merek, Millens? Mau coba nggak nih buat mendongkrak penjualan? (Bel/IB21/E07)