Tips Memilih Menu Sahur Pertama, Mudah dan Praktis

Tips Memilih Menu Sahur Pertama, Mudah dan Praktis
Menu sahur pertama yang bisa kamu coba. (Twitter/bperempuan)

Menu sahur pertama harus cermat dipilih mengingat ini adalah kali pertama kamu akan kembali terbangun di dini hari untuk santap sahur. Nah, sapa saja ya menu sahur pertama yang direkomendasikan?

Inibaru.id – Memilih menu sahur pertama itu gampang-gampang susah. Bagaimana nggak, kita masih belum terbiasa untuk bangun di dini hari untuk memasak atau bahkan makan. Nah, kalau begini, kita tentu harus cermat memilih menu sahur yang praktis dan mudah diolah.

Berikut adalah daftar menu sahur pertama yang patut kita coba!

1.       Sayur Bening

Sayur bening. (Twitter/bangsari)
Sayur bening. (Twitter/bangsari)

Siapa sih yang nggak suka dengan sayur bening? Sayuran ini dikenal sangat menyegarkan dan cocok untuk dikonsumsi kapan saja, termasuk di waktu sahur. Sayuran ini juga sehat karena memiliki banyak serat dan nutrisi lain dari bayam, wortel, dan sejumlah bahan tambahan lainnya. Satu hal yang pasti, sayur bening sangat mudah untuk dibuat, jadi cocok buat menu sahur pertama.

Kalau mau membuatnya, kamu tinggal merebus air sampai mendidih. Setelah itu, masukkan sejumlah bumbu layaknya bawang merah serta putih, kencur, serta temu kunci. Baru deh kamu masukin bahan utamanya seperti bayam, wortel, atau bahkan jagung.

2.       Telur Orak-Arik

Telur orak-arik. (Cookpad/Venny)
Telur orak-arik. (Cookpad/Venny)

Kalau kamu nggak berselera untuk makan sayur di sahur pertama, coba deh buat telur orak-arik. Dijamin nafsu makanmu bakal meningkat, Millens. Rasanya pasti nikmat dan mudah untuk dibuat, kok.

Kamu tinggal menyiapkan mentega atau margarin agar telur orak-arikmu jadi lebih gurih. Ingat, ya, gunakan api yang kecil saja saat memasaknya. Usai telur yang dikocok sebelumnya dituang ke wajan, aduk-aduklah sampai menggumpal, lalu taburi dengan bubuk atau garam. Orak-arik telur cocok buat dikonsumsi saat masih hangat!

3.       Tempe Orek

Tempe orek. (Umma.id)
Tempe orek. (Umma.id)

Tempe orek sangatlah nikmat untuk dikonsumsi saat sahur. Bahan-bahannya juga simpel, kok, yakni tempe, cabai merah, cabai hijau, serta daun salam. Kalau bumbunya, kamu tinggal menyiapkan kecap manis serta gula pasir.

Kalau mau memasaknya, pastikan kamu sudah mengolah tempe hingga kering. Setelah itu, masukkan kedua jenis cabai, dan salam, serta bawang merah. Nah, kalau sudah tercampur, baru deh kamu tambahi kecap manis serta gula agar rasanya jadi lebih mantap.

4.       Ayam Suwir

Ayam suwir. (Twitter/Pakbondan)
Ayam suwir. (Twitter/Pakbondan)

Protein di dalam daging ayam bisa bikin kamu kenyang lebih lama saat berpuasa. Jadi, nggak ada salahnya deh mengolah ayam suwir, apalagi yang dipadu dengan kecap dan sambal merah untuk dijadikan menu sahur. Pasti bakal semakin nikmat!

5.       Nasi Goreng

Nasi goreng. (Twitter/hermawan_devina)
Nasi goreng. (Twitter/hermawan_devina)

Kalau yang ini sih sangat mudah untuk diolah, apalagi jika nasi sisa makan malam sebelumnya masih banyak. Nggak ada salahnya deh menjadikannya menu sahur yang mengenyangkan. Hanya, imbangi dengan sayuran layaknya selada atau tomat agar kamu juga mendapatkan asupan serat cukup saat memakannya, ya?

Wah, semuanya menarik untuk dicoba, ya? Nah, kalau kamu, bakal memilih apa buat menu sahur pertama malam ini, Millens? (Det/IB09/E05)