inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Tertarik Mencoba Keajaiban Rasa dalam Secangkir Magic Coffee?
Sabtu, 25 Mei 2024 09:05
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Sajian magic coffee memberikan keajaiban di lidah para penyecapnya. (Getty Images/Maximfesenko)

Sajian magic coffee memberikan keajaiban di lidah para penyecapnya. (Getty Images/Maximfesenko)

Magic coffee akhir-akhir ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang ajaib. Sebenarnya terbuat dari apa magic coffee?

Inibaru.id - Dari sekian banyak istilah dalam dunia kopi, tahukah kamu yang disebut dengan magic coffee? Istilah tersebut akhir-akhir ini sering menjadi pembahasan bagi pencinta minuman pahit itu karena rasa dan sensasinya yang unik. Seperti namanya, sajian magic coffee memberikan keajaiban di lidah para penyecapnya.

Magic coffee sebenarnya hampir sama dengan kopi latte, kapucino, dan flat white yang pada dasarnya terdiri atas kopi dan susu. Bedanya terletak pada rasio kopi dan susu yang digunakan. Komposisi pada magic coffee adalah double shots ristretto dan 3/4 steamed susu.

Sementara takaran untuk satu cangkir kapucino biasanya 1/3 espreso, 1/3 susu cair, dan 1/3 busa susu. Takaran untuk latte lain lagi. Perbandingan espreso dengan susu pada latte yaitu 1 banding 3 hingga 1 banding 9.

Dilihat dari perbandingannya, nggak heran jika biasanya magic coffee disajikan pada cangkir yang lebih kecil ukurannya dari kapucino dan caffe latte.

Ristretto adalah Kunci

Ristretto adalah espreso yang waktu ekstraksinya dipangkas menjadi lebih singkat. (Unsplash)
Ristretto adalah espreso yang waktu ekstraksinya dipangkas menjadi lebih singkat. (Unsplash)

Menurut berbagai sumber, magic coffee dipercaya berasal dari Australia dan mulai tersebar di beberapa negara lainnya. Seperti "sepupunya", flat white, magic menjadi salah satu menu asli kebanggaan Negeri Kangguru itu. Buat yang belum tahu, flat white adalah minuman kopi yang terdiri atas kopi pekat atau espreso dan steamed susu dengan rasio 1 banding 2.

Di Indonesia, magic coffee nggak sepopular flat white. Namun bukan berarti magic nggak bisa kita temui di mana pun di negeri ini ya. Tapi, membuat racikan magic coffee sendiri juga boleh juga ya, Millens?

Lalu, apa yang menyebabkan magic coffee ini memiliki banyak penggemar, ya? Perlu kamu tahu, syarat wajib dari magic adalah menggunakan double shots ristretto. Seperti diketahui ristretto adalah espreso yang waktu ekstraksinya dipangkas menjadi lebih singkat sehingga yang keluar biasanya rasa yang lebih kompleks.

Magic menggunakan double shots ristretto dan lebih sedikit kopi sehingga memberi cita rasa yang intens, kuat, kompleks dan menyenangkan. Itu kenapa namanya menjadi magic karena kopi susu jenis ini memberikan sensasi ‘tendangan’ yang ajaib di tegukan.

Tertarik untuk mencoba jenis sajian kopi yang lagi naik daun ini? Bersiaplah merasakan keajaiban magic coffee dan menjadikan ia sebagai menu kopi favorit selain kapucino dan caffe latte. (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved