Sering Dicap Bikin Penyakit, Inilah Sederet Jajanan yang Dimusuhi Ibu-ibu

Sering Dicap Bikin Penyakit, Inilah Sederet Jajanan yang Dimusuhi Ibu-ibu
Jajanan jalanan yang digemari anak-anak ini justru sering jadi musuh ibu-ibu. (Majalahsuarapendidikan)

Ada beberapa jajanan yang masuk dalam daftar terlarang ibu-ibu. Sayangnya, jajanan-jajanan yang dicap bikin penyakit ini disukai anak-anak. Lantas, apa saja sih jajanan yang dimusuhi ibu-ibu ini?

Inibaru.id - Ibu rumah tangga selain harus cakap dalam mengurus segala pekerjaan rumah juga punya tanggung jawab khusus terhadap tumbuh-kembang anak. Mereka tentu akan sangat ketat mengawasi apa yang dikonsumsi buah hatinya. Karena alasan inilah, mereka pasti was-was kalau anaknya jajan sembarangan.

Ada sederet jajanan yang dimusuhi oleh ibu-ibu. Jajanan-jajanan ini sering dicap bikin penyakit atau bahkan bikin boros. Nah, kamu pasti sering deh mendengar ibu-ibu yang melarang anaknya makan jajajan-jajanan ini.

Jajanan Pakai Saus

Jajanan dengan saus. (Tribunjabar/Fasko de Hotman)
Jajanan dengan saus. (Tribunjabar/Fasko de Hotman)

Bagi anak-anak, jajanan ini pasti terasa sangat lezat. Apalagi jika disantap saat bermain sore bersama teman-teman atau usai pulang sekolah. Kenikmatannya tiada tara, deh. Namun, bagi ibu-ibu, jajanan jenis ini bisa menyentuh sensitivitas emosional mereka.

Pasalnya, jajanan dengan saus ini dinilai kurang higienis. Apalagi sempat beredar kabar bahwa saus yang digunakan para penjual ini berasal dari bahan-bahan yang nggak sehat atau diolah dengan cara yang nggak benar. Ibu-ibu pasti langsung menganggap jajanan ini bisa bikin penyakit.

Telur Gulung dan Goreng-gorengan

Telur gulung jadi musuh bebuyutan ibu-ibu. (Hipwee)<br>
Telur gulung jadi musuh bebuyutan ibu-ibu. (Hipwee)

Jajanan ini sebetulnya nggak jauh beda dengan jajanan dengan tambahan saus. Hanya, telur gulung atau gorengan seringkali dijual dengan cara yang kurang higienis. Lokasi jualannya di pinggir jalan membuat jajanan ini jadi mudah kena debu dan kotoran.

Selain itu, jajanan-jajanan ini punya kadar minyak yang tinggi. Tahu kan minyak nggak baik untuk kesehatan, apalagi jika dipakai berulang kali. Masalahnya, anak-anak suka banget dengan jajanan ini karena rasanya yang gurih. Bikin dilema, ya?

Minuman Bersoda

Minuman manis dan bersoda dinilai biki batuk-batuk anak. (Hipwee)<br>
Minuman manis dan bersoda dinilai biki batuk-batuk anak. (Hipwee)

Kalau sebelumnya kita membahas makanan, kali ini adalah minuman. Bagi-ibu-ibu, jika melihat anaknya meneguk jenis minuman ini, naluri cerewetnya pasti langsung keluar. Alasannya nggak lain karena bagi mereka, minuman bersoda ini bisa mendatangkan penyakit bagi anaknya, terutama batuk-batuk. 

Selain itu, harga minuman bersoda juga biasanya lumayan mahal untuk ukuran jajanan anak, Millens. Tahu sendiri kan ibu-ibu nggak bisa sembarangan membayar mahal untuk satu jenis jajanan saja. Haha.

Minuman Kemasan yang Manis-manis

Minuman kemasan manis. (Unsplash/Peter Bond)
Minuman kemasan manis. (Unsplash/Peter Bond)

Sama seperti minuman bersoda. Minuman jenis ini juga di-black list oleh ibu-bu dalam radarnya. Soalnya, selain dicap bisa bikin batuk, kandungan di dalam minuman manis kemasan nggak baik buat tubuh si anak. Namun yang namanya anak-anak, jika abai dari pengawasan, mereka tetap saja memburu minuman ini karena rasanya enak. Apalagi minuman ini mudah didapat di warung-warung terdekat.

Kalau mau menambah daftar jajanan yang dimusuhi ibu-ibu, sebenarnya masih banyak, ya Millens. Kalau ibu kamu, paling nggak suka kalau kamu jajan apa nih kalau boleh tahu? (Hip/IB28/E07)