Senbei, Kerupuk Tradisional Khas Negeri Sakura

Senbei, Kerupuk Tradisional Khas Negeri Sakura
Senbei alias kerupuk Jepang. (Instagram/Japanese.store via IDNTimes)

Siapa bilang kerupuk hanya ada di Indonesia? Di Jepang, ada makanan yang punya tekstur mirip kerupuk, namanya senbei. Rasanya, asin dan manis. 

Inibaru.id - Kamu setuju nggak kalau makan kurang komplit tanpa kerupuk? Sensasi kriuk dengan cita rasa gurih dari makanan pendamping ini memang bisa bikin makan makin enak. Eh, tahu nggak kalau di Jepang juga makanan sejenis kerupuk. Namanya senbei. Kalau dikomparasikan, rasa senbei mirip opak ketan Sunda. 

Berbahan tepung beras atau tepung sereal, senbei menjadi salah satu jajanan tradisional Jepang yang harus kamu coba. Jika di Indonesia kerupuk biasa diolah dengan cara digoreng dan dijadikan teman makan nasi, senbei ini beda.

Adonan senbei dipanggang menggunakan arang hingga berwarna kuning keemasan. Setelah matang, senbei diolesi dengan campuran kecap asin dan garam. Senbei biasanya dikudap menjadi camilan.

Di banyak tempat di Jepang, kamu bisa membeli makanan ringan ini dengan harga terjangkau. Harga senbei dimulai dari 100 Yen atau sekitar Rp 12.000-an. O ya, ada dua rasa senbei yaitu asin dan manis. Selain itu, ada beberapa jenis senbei yang dijajakan. Apa saja?

1.      Amami Senbei

Amami senbei. (Travelhyogo.org via Gensindo)
Amami senbei. (Travelhyogo.org via Gensindo)

Kalau kamu suka manis, senbei jenis ini mungkin cocok dengan lidahmu. Rasanya manis dengan bentuk mirip biskuit berwarna coklat tua. Kamu bisa dengan mudah menemukan amami senbei di daerah Kansai, Jepang. Senbei jenis ini dibuat dari tepung terigu, gula pasir, dan telur.

2.      Beika Senbei

Beika senbei. (Rakuten via Gensindo)
Beika senbei. (Rakuten via Gensindo)

Mau cari senbei bercita rasa asin gurih? Beika senbei jawabannya. Cara makannyapun tergolong unik yaitu dengan mengoleskan kecap asin dan garam. Bahan dasar beika senbei memakai tepung beras. Sedikit berbeda dengan senbei yang umumnya dipanggang, beika senbei diolah dengan cara digoreng.

3.      Ebi Senbei

Ebi senbei, kerupuk udangnya Jepang. (via Detik)
Ebi senbei, kerupuk udangnya Jepang. (via Detik)

Dari namanya, senbei jenis ini memang dicampur dengan udang (ebi). Namun, ada pula yang dicampur ikan. Proses pembuatan ebi senbei juga nggak rumit. Tumbuk tepung bersama ebi kemudian pipihkan. Setelah itu, beri taburan wijen dan rumput laut. 

Kalau misalnya ke Jepang terlalu jauh buat mencicipi senbei, kamu bisa kok bikin sendiri di rumah. Ini dia resepnya, Millens!

Resep Senbei

Bahan-Bahan:

·         Tepung beras 120 gr

·         Air matang secukupnya

·         Nasi putih 40 gr

·         Merica secukupnya

·         Garam ¼ sendok teh

·         Minyak sayur 2-3 sendok makan

·         Kecap asin

·         Penyedap rasa secukupnya

·         Biji wijen atau rumput laut

Cara Membuat:

1.      Campurkan tepung beras, air, nasi, merica, garam, dan minyak sayur, aduk sampai rata. 

2.      Tambahkan bumbu penyedap biar tambah gurih. Aduk kembali sampai rata. 

3.      Setelah tercampur rata, ambil sedikit adonan kemudian bulatkan dan pipihkan. 

4.      Setelah semua sudah berbentuk pipih, panggang selama 8-10 menit.

5.      Keluarkan dari oven dan diamkan selama 2-5 menit. Beri taburan wijen atau rumput laut di atasnya ya.

6.      Senbei siap disajikan!

Nah, itu dia kerupuk khas negara Jepang yang renyah banget. Boleh banget kan buat berpetualang rasa biar nggak bosen di rumah aja, Millens! (Gen,Idn/MG41/E05)