inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Segarnya Minuman di Depot Es Semanggi Magelang, Populer Sejak 1960-an!
Minggu, 3 Mar 2024 14:09
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Minuman segar yang tersedia di Depot Es Semanggi Kota Magelang. (IG/Kulinerlegend)

Minuman segar yang tersedia di Depot Es Semanggi Kota Magelang. (IG/Kulinerlegend)

Di Depot Es Semanggi Magelang, minumannya disiram dengan sirop buatan sendiri yang khas. Rasanya pun sulit ditemui di kedai-kedai lainnya.

Inibaru.id – Nggak hanya populer dengan wisata candinya, Magelang juga populer dengan wisata kulinernya. Nah, kalau kamu kebetulan sedang berada di Kota Magelang dan pengin mencari kuliner legendaris yang ada di sana, coba deh mampir ke Depot Es Semanggi.

Lokasinya bisa kamu temui di Jalan Semarang – Yogyakarta Nomor 367, Kelurahan Kramat Selatan, Kecamatan Magelang Utara. Dari Alun-alun Kota Magelang, jaraknya kurang lebih 3 kilometer ke arah utara. Kedai ini buka dari pukul 10.00 WIB sampai 16.00 WIB, Millens.

Karena lokasinya yang ada di jalur utama Semarang – Jogja, pengunjung kedai ini nggak hanya dari dalam kota saja. Banyak pelanggan dari Semarang, Ambarawa, Yogyakarta, bahkan dari Jakarta yang sengaja mampir ke kedai ini. Maklum, di sini kamu bisa mencicipi 20 varian rasa minuman menyegarkan. Rasa dari minuman-minuman ini juga masih sama nikmatnya sebagaimana saat baru kali pertama dibuka pada 1960-an lalu.

“Saya adalah pengelola generasi ketiga. Yang mendirikan mbah saya, Mbah Tasman pada 1960-an,” terang pengelola Depot Es Semanggi Lena Angraini sebagaimana dilansir dari Detik, Senin (15/1/2024).

Mengapa namanya memakai nama daun, ya? Kalau soal ini, ternyata gara-gara ada pelanggan yang mengusulkannya.

Depot Es Semanggi selalu dijadikan jujugan penggila wisata kuliner. (Radarjogja/Naila Nihayah)
Depot Es Semanggi selalu dijadikan jujugan penggila wisata kuliner. (Radarjogja/Naila Nihayah)

“Kalau dulu nggak ada namanya. Orang tahunya ya hanya depot yang jualan es gitu. Tapi ada seorang tentara yang pernah tugas di kawasan Semanggi Jakarta dan berlangganan di sini dan mengusulkan nama ini,” lanjut perempuan berusia 33 tahun ini.

Oleh karena itulah, kamu nggak bakal menemui menu es semanggi di depot es ini. Yang populer di sana adalah es tapai pleret, es susu pleret, es sirop, soda gembira, es susu tapai, es susu roti, dan es susu cokelat.

“Banyak orang yang memesan minuman dengan pleretnya. Pleret itu dari tepung beras yang dikukus, mirip gempol. Pas membuatnya harus ‘dipleret’ gitu dengan jari makanya namanya pleret. Itu bedanya dengan gempol,” jelasnya.

Hal lain yang bikin depot es ini selalu laris adalah siropnya yang dibikin sendiri. Resep siropnya juga nggak pernah berubah sejak kali pertama tempat tersebut berdiri. Karena memakai sirop berwarna putih, merah, hijau, dan cokelat yang nggak ada duanya di tempat lain, rasanya pun jadi khas.

Selain itu, harga minuman yang dijajakan ramah di kantong. Maklum, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp3.500 sampai Rp11 ribu per gelas. Beneran murah, ya?

Jadi, sudah tahu kan ke mana kalau pengin mencari minuman segar di Kota Magelang? Ke Depot Es Semanggi saja, Millens! (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved