inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Mencicipi Kenikmatan Tahu Gimbal Pak Yono Yogyakarta
Minggu, 7 Jan 2024 12:47
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Tahu Gimbal Pak Yono Yogyakarta. (Googleuser/Raden Bagus Antyanta Candra Maharddika Wilatikta)

Tahu Gimbal Pak Yono Yogyakarta. (Googleuser/Raden Bagus Antyanta Candra Maharddika Wilatikta)

Di Yogyakarta, kamu bisa lo mencicipi tahu gimbal khas Semarang yakni Tahu Gimbal Pak Yono. Di mana ya, lokasinya?

Inibaru.id – Tahu gimbal dikenal sebagai penganan khas Semarang. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa mencicipi tahu gimbal khas Kota Atlas di kota-kota lainnya. Nah, kalau kamu kebetulan sedang berada di Yogyakarta dan pengin mencicipi tahu gimbal asli Semarang, bisa lo mencicipinya di Tahu Gimbal Pak Yono.

Tempat makan ini bisa kamu temukan di Jalan Tentara Rakyat Mataram Nomor 35. Kalau menurut pemiliknya, Yono, tahu gimbal yang dia jual memiliki cita rasa khas Semarang karena dulu dia memang sempat belajar membuatnya saat berada di Ibu Kota Jawa Tengah tersebut.

Kisahnya dengan kuliner khas Semarang bermula pada 1973. Kala itu, dia yang asli Klaten merantau ke Semarang. Awalnya, dia jualan mi kopyok keliling di sana. Tapi, usaha ini nggak kunjung membuahkan hasil yang baik. Dia pun terpikir untuk ganti usaha.

Untungnya, dia mengenal seorang pedagang tahu gimbal bernama Pak Edi karena sering mampir untuk makan di warung tersebut. Dia pun mendapatkan kesempatan untuk belajar membuat tahu gimbal langsung ke ahlinya.

“Pas sudah dapat ilmunya, sekitar tahun 1974-1975 saya mantap berjualan tahu gimbal. Tapi dulu saya jualan keliling, pikulan gitu sejak pagi sampai sore,” ujar Pak Yono sebagaimana dilansir dari Joglojateng, Jumat (5/1/2024).

Tahu Gimbal Pak Yono selalu dijejali pembeli. (Googleuser/Truly Nugraheny)
Tahu Gimbal Pak Yono selalu dijejali pembeli. (Googleuser/Truly Nugraheny)

Tapi, layaknya saat berjualan mi kopyok, usahanya kurang membuahkan hasil. Dia pun terpikir kalau hal ini disebabkan oleh pesaingnya terlalu banyak. Pak Yono pun kemudian memutuskan untuk pindah jualan ke Yogyakarta karena merasa di Kota Pelajar masih belum banyak orang yang berjualan tahu gimbal.

“Saya mikirnya memang kalau pindah ke Yogya pasti laku. Akhirnya sejak 1990 saya jualan di sini,” lanjutnya.

Perhitungan Yono ternyata tepat. Dalam sehari, setidaknya dia mampu menjual 50 porsi tahu gimbal. Tempatnya jualan juga nggak pernah sepi, khususnya di jam-jam makan. Apalagi, dia berjualan di tempat yang ramai dan strategis.

Alasan lain yang membuat Tahu Gimbal Pak Yono selalu dijejali pembeli adalah harga per porsinya yang cukup terjangkau, yaitu Rp18 ribu. Dengan harga segitu, kamu bisa mendapatkan sepiring tahu gimbal yang sudah dilengkapi dengan gimbal (udang digoreng tepung), tahu goreng, sayur kol, tauge, lontong, dan telur goreng yang disiram saus kacang dengan campuran petis. Dijamin mantap dan enak!

Hm, jadi penasaran nih seperti apa sensasi kenikmatan makan langsung di tempat jualan Tahu Gimbal Pak Yono Yogyakarta. Yuk mampir ke sana, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved