BerandaKulinary
Jumat, 21 Okt 2022 08:00

Makanan yang Baiknya Kamu Makan Sebelum Wawancara

Makanan yang Baiknya Kamu Makan Sebelum Wawancara

Ada beberapa makanan yang lebih baik kamu konsumsi sebelum wawancara. (wallstreetenglish)

Cemas saat wawancara kerja bisa dihindari dengan makan makanan yang tepat di waktu yang tepat. Ini dia penjelasannya.

Inibaru.id - Mendapat panggilan wawancara kerja merupakan momentum yang kita tunggu-tunggu. Di samping itu, wawancara kerja juga jadi waktu yang mendebarkan. Rasa khawatir, gugup, dan bertanya-tanya menggelayuti kita di ruang tunggu wawancara.

Kegugupan yang kita rasakan sebaiknya nggak sampai membuat hari di saat kita wawancara menjadi kacau ya, Millens. Salah satu cara agar perasaan kita tetap tenang adalah memperhatikan asupan makanan.

Baca Juga:

Menguak Siapa

Percaya nggak, melahap makanan tertentu dapat membantu kita tetap fokus serta menjaga tingkat energi dan semangat. Hal ini diungkapkan oleh ahli kesehatan asal Cleveland Clinic, Michael Roizen.

Menurut Roizen, ada beberapa makanan yang disarankan untuk seseorang ketika hendak menghadapi sesi wawancara. Jenis makanan itu akan semakin optimal manfaatnya jika dikonsumsi di waktu yang tepat.

Pagi Hari

Sarapan dengan roti gandum akan membuatmu kenyang lebih lama dan energimu nggak terlalu melonjak di awal tapi lesu pada akhirnya. (foodaware)
Sarapan dengan roti gandum akan membuatmu kenyang lebih lama dan energimu nggak terlalu melonjak di awal tapi lesu pada akhirnya. (foodaware)

Bagi setiap orang, pagi merupakan waktu kunci untuk memulai hari dengan baik, nggak terkecuali kamu yang akan menjalankan wawancara. Jadi, jagalah nafas tetap segar dan mulut nggak kering. Oleh karena itu, Roizen menyarankan agar pelamar menghindari makan bawang putih, bawang bombay, dan telur dadar supaya mulut nggak bau.

Selain tiga bahan tersebut, ada lagi bahan yang harus kamu hindari yaitu karbohidrat sederhana. Tujuannya biar energimu nggak terlalu melonjak. Sebagai gantinya, makanlah produk dari biji-bijian seperti roti gandum atau oatmeal supaya energimu bertahan lama.

1,5 Jam Sebelum Wawancara Kerja

Kacang-kacangan adalah salah satu sumber makanan yang berguna untuk mengurangi kecemasan. (alisonspantry)
Kacang-kacangan adalah salah satu sumber makanan yang berguna untuk mengurangi kecemasan. (alisonspantry)

Satu setengah jam sebelum wawancara kamu baiknya makan sesuatu yang mudah dicerna, memberikan energi, dan nggak membuat masalah perut seperti kembung dan mulas. Makanan yang cocok untuk itu misalnya adalah sandwich ayam dengan gandum utuh ditambah irisan alpukat.

Nggak begitu suka dengan menu tersebut, ada menu alternatif lain, nih. Kamu bisa makan kacang-kacangan, sepotong buah, dan segelas kopi. Menu tersebut kaya protein sehingga cocok dimakan sebelum saat-saat penting.

45 Menit Sebelum Wawancara Kerja

Menurut penelitian, kopi bisa membantu otak untuk fokus dan mengingat memori jangka pendek. (pixabay)
Menurut penelitian, kopi bisa membantu otak untuk fokus dan mengingat memori jangka pendek. (pixabay)

Semakin mendekati waktu yang ditentukan untuk wawancara kerja, wajar saja jika hati makin berdebar. Pada saat-saat seperti ini Roizen mengatakan nggak ada salahnya jika kamu meminum kopi terlebih dahulu. Menurut sebuah studi berjudul “Caffeine-Not Just a Stimulant” yang dipublikasikan di National Library of Medicine, kopi baik untuk dikonsumsi karena bisa membantu otak untuk fokus dan mengingat memori jangka pendek.

Bawalah Air Putih

Selama menunggu masuk ke ruang wawancara, kamu sebaiknya membawa air putih. Itu bertujuan agar kamu tetap terhidrasi dan membantu meningkatkan energi dan fokus.

Selain air minum, membawa bekal berupa kacang-kacangan juga nggak masalah karena itu mengandung amino lisin dan arginin yang dapat membantu mengurangi kecemasan.

Jadi, kapan ada panggilan untuk wawancara kerja, Millens? Jangan lupa menerapkan menu rekomendasi dari Roizen ini, ya! (Kom/IB20/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved