inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Lezatnya Jajanan Legendaris Jenang Bu Gesti di Yogyakarta
Rabu, 30 Agu 2023 17:57
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Lapak Jenang Bu Gesti di Pasar Lempuyangan. (Twitter/Noverdirad)

Lapak Jenang Bu Gesti di Pasar Lempuyangan. (Twitter/Noverdirad)

Jenang Bu Gesti dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris di Pasar Lempuyangan, Yogyakarta. Orang-orang yang jadi pelanggannya bahkan mencakup Sri Sultan Hamengku Buwono X hingga mantan Presiden Suharto dan Megawati. Seperti apa sih kenikmatan jajanan tradisional yang satu ini?

Inibaru.id – Kalau kamu kebetulan naik kereta api dan turun di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, cobain deh mampir ke Pasar Lempuyangan yang jaraknya hanya beberapa ratus meter. Di sana, ada banyak jajanan legendaris yang bisa kamu cicipi. Salah satunya adalah Jenang Bu Gesti.

Pengelola lapak kuliner tradisional ini, Bu Gesti, mengaku lapaknya sudah eksis sejak 1950-an. Dia sendiri adalah generasi ketiga yang mengurusnya. Sebelumnya, yang mengelola lapak ini adalah ibu mertuanya. Dia mengklaim rasa jenang yang dia jual masih sama sebagaimana yang dulu kali pertama dijual ibu mertuanya.

Di lapak ini, kamu bisa mencicipi empat jenis jenang, yaitu jenang candil, jenang sumsum putih, jenang sumsum cokelat, serta jenang mutiara atau juga yang dikenal sebagai jenang monte. Kalau kamu pengin mencicipi semuanya, Bu Gesti juga bisa lo menyajikannya dalam satu wadah. Hm, pasti puas, ya?

Nggak hanya jajanannya yang tradisional, wadah yang dipakai untuk menyajikan jenang ini juga masih berupa daun pisang. Kombinasi daun pisang yang aromanya harum dengan jenang yang disiram santan kelapa segar tentu sangat menggoda, bukan?

Mengingat lapak penjual jenang sudah semakin jarang, keberadaan Jenang Bu Gesti tentu dicari-cari banyak orang. Oleh karena itulah, wajar jika pelanggannya bukan hanya warga lokal ataupun wisatawan yang pengin wisata kuliner di tempatnya. Bahkan, menurut Bu Gesti sendiri, sejumlah tokoh nasional sudah beberapa kali mencicipi jenang buatannya seperti mantan presiden Soeharto dan Megawati.

Salah satu menu andalan Jenang Bu Gesti yang menggiurkan. (Twitter/Noverdirad)
Salah satu menu andalan Jenang Bu Gesti yang menggiurkan. (Twitter/Noverdirad)

Saking seringnya Pak Harto dulu mampir ke lapak jenang ini saat masih menjabat sebagai presiden, warga setempat bahkan sempat menyebut lapak tersebut sebagai Jenang Pak Harto, lo.

Nggak hanya tokoh politik nasional, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X juga cukup sering membeli jenang di sini. Alasannya tentu saja karena cita rasanya yang masih asli.

Kalau kamu pengin mencicipi Jenang Bu Gesti, Jogjaprov, (16/3/2021) punya daftar harga jenangnya. Per porsinya hanya Rp5 ribu saja. O ya, lapak Jenang Bu Gesti hanya buka pagi, yaitu dari pukul 08.00 sampai pukul 10.00 WIB. Kok cuma sebentar? Karena pelanggannya sangat banyak sehingga jenang yang disediakan pun cepat habis.

Kalau kamu ke sana, sebaiknya agak pagian ya agar nggak mengantre terlalu lama dan tetap kebagian jenangnya. Jadi, kamu bisa deh mencicipi nikmatnya Jenang Bu Gesti yang legendaris itu sampai puas, deh. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved