Jajanan Khas Indonesia yang Jadi Mahal saat Dijual di Korea Selatan

Jajanan Khas Indonesia yang Jadi Mahal saat Dijual di Korea Selatan
Salah satu jajanan Indonesia di Korea, kue cucur. (Instagram/fridajoincoffee)

Ragam penganan khas Korea mulai menjamur di Indonesia. Sebaliknya, kamu juga bisa kok menemukan jajanan khas Indonesia di Korea. Namun, bersiaplah merogoh kocek lebih dalam, karena harga jajan pasar itu bisa berkali-kali lipat di sana.  

Inibaru.id – Menemukan penganan khas Korea di Indonesia seperti kimchi, kimbab, bulgogi, atau tteokbokki, kini bukanlah perkara sulit. Pun sebaliknya, banyak makanan khas Indonesia yang juga dijual di Korea. Namun, untuk menikmatinya, agaknya kamu harus merogoh kantong lebih dalam. 

Yap, sudah menjadi rahasia umum, harga aneka makanan khas kita yang didominasi jajan pasar dan street food itu memang jauh lebih mahal di Korea. Apa saja masakan tersebut?

1. Batagor

Batagor. (resep-koki-aditya.web.app)
Batagor. (resep-koki-aditya.web.app)

Bagaimana bisa ada jajanan khas Jawa Barat dijual di Korea? Menurut Youtuber yang sedang tinggal di Korea Selatan Bianca Kartika, jajanan atau makanan Indonesia ada yang dijual di restoran atau supermarket tertentu. Dia juga bisa membelinya secara daring.

Khusus untuk batagor, dia bisa mendapatkannya lewat toko daring. Isi satu paket batagornya adalah tujuh pangsit goreng dan empat potong tahu. Lalu, ada bumbu kacang sekaligus bawang goreng pelengkapnya.

Seporsi batagor itu dibanderol Rp 10 ribu Won atau sekitar Rp 130 ribu. Padahal, di Indonesia, seporsi batagor pinggir jalan bisa kamu tebus dengan harga Rp 10 ribu saja.

2. Risoles

Risoles. (inews- esa putra tanjung)
Risoles. (inews- esa putra tanjung)

Risoles di Korea juga bisa didapatkan secara daring. Sepotong risoles di Korea dibanderol sebesar 1.000 Won atau sekitar Rp 13 ribu per buah. Untuk isiannya, risoles itu terdiri atas dua pilihan, yakni rogut sayur atau telur mayo.

3. Kue Cucur

Kue cucur. (Idntimes)
Kue cucur. (Idntimes)

Kue cucur juga bisa kamu temukan di Korea, lo. Kue yang juga merupakan penganan tradisional di Thailand dan Malaysia ini biasa dijual dengan harga 1.000 Won per keping, dengan ukuran seperti kue cucur yang ada di Indonesia.

4. Es Cendol

Es Cendol. (WowKeren)
Es Cendol. (WowKeren)

Minuman segar idola sejuta umat di Indonesia ini juga ada di Korea. Bedanya, kalau di sini minuman yang juga disebut es dawet ini lazim dijual per porsi yang ditaruh di gelas atau plastik, di sana kamu harus membelinya per satu liter.

Harganya? Terkejutlah, karena seliter es cendol di Korea bisa dijual dengan harga 15 ribu Won atau sekitar Rp 200 ribu. Ehm, beda banget kan dengan harga es cendol di sini yang paling-paling seporsi nggak lebih dari Rp 10 ribu.

Hm, ada yang tertarik untuk buka bisnis kuliner tradisional Indonesia di Korea? Agaknya bakal untung besar, nih! Ha-ha. (Det/IB09/E03)