inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Hati-Hati, Konsumsi Ayam Goreng Tiap Hari Bisa Bikin Lebih Cepat Meninggal!
Sabtu, 15 Agu 2020 11:50
Penulis:
Zulping
Zulping
Bagikan:
Jangan kebanyak ayam goreng ya! (Buzzfeed)

Jangan kebanyak ayam goreng ya! (Buzzfeed)

Meski risikonya tergolong kecil, mengonsumsi ayam goreng ternyata bisa bikin cepat mati, lo. Para peneliti mengungkapkan bahwa mengolah makanan dengan digoreng dapat mengubah hal baik menjadi buruk.

Inibaru.id – Makanan yang diolah dengan digoreng memang terasa lebih nikmat ketimbang direbus. Salah satu olahan makanan yang populer di seluruh dunia adalah ayam goreng. Yap, siapa sih yang nggak suka makanan sejuta umat ini?

Namun kebiasaan mengonsumsi makanan yang digoreng ini bukanlah hal yang baik lo. Sebuah penelitian dalam jurnal medis BMJ menyebutkan bahwa makanan yang digoreng dapat menyebabkan efek berbahaya.

Penelitian dilakukan pada perempuan pasca-menopause di AS ini mencatat bahwa seporsi ayam atau ikan goreng dikaitkan dengan risiko kematian lebih tinggi karena penyakit apa pun kecuali kanker.

Ayam goreng khas Indonesia. (Tribunnews)
Ayam goreng khas Indonesia. (Tribunnews)

Para peneliti mempelajari kebiasaan makan pada 107.000 perempuan berusia 50-75 tahun pada 1993 dan 1998. Peneliti juga mengaitkan beberapa hal terkait kematian seperti tingkat pendidikan, pendapatan, konsumsi energi total, dan kualitas makanan.

Dalam temuannya, perempuan yang mengonsumsi satu porsi atau lebih ayam goreng setiap harinya mempunyai risiko kematian 13 tahun lebih tinggi. Peningkatan kematian akibat sakit jantung juga meningkat 12 persen pada perempuan yang gemar mengonsumsi ayam goreng.

Semetara, perempuan yang mengonsumsi ikan goreng dan kerang punya risiko kematian sebesar 7 persen dan masalah kardiovaskular 13 persen. Terkait hal ini, para peneliti berpendapat bahwa mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, terutama ayam dan ikan bagus untuk kesehatan.

Hindari mengolah makanan dnegan digoreng. (Parenting.orami.co.id)
Hindari mengolah makanan dnegan digoreng. (Parenting.orami.co.id)

Penelitian sebelumnya menyebutkan hubungan antara makanan yang digoreng dengan peningkatan risiko diabetes tingkat dua serta penyakit jantung. Hal ini menguatkan para peneliti bahwa ada hubungan antara makanan yang digoreng dengan kematian.

Namun begitu, para peneliti nggak bisa menemukan hubungan antara makanan yang digoreng dengan kematian akibat kanker. Yap, peneliti mengungkap bahwa mengolah makanan dengan digoreng dapat mengubah hal baik menjadi berbahaya, termasuk kematian meski risikonya tergolong rendah.

Nah, buatmu yang nggak bisa makan tanpa gorengan, yuk mulai dikurangi, Millens! (Lif/IB27/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved