Gurihnya Rasa Kerupuk Jangek Khas Minang, Sudah Coba?

Gurihnya Rasa Kerupuk Jangek Khas Minang, Sudah Coba?
Kerupuk Jangek atau karupuak jangek khas Minang yang memiliki rasa gurih. (idntimes.com)

Kerupuk jangek atau karupuak jangek merupakan salah satu camilan tradisional yang jamak dijumpai di Ranah Minang. Bahan baku utama dari kerupuk ini yaitu kulit sapi yang direbus, lalu dikeringkan, setelah itu digoreng yang diberi bumbu halus seperti bawang putih, garam dan lainnya. Rasanya? Beuh, gurih!

Inibaru.id - Di Minangkabau terdapat camilan khas yang mudah kamu temui di warung-warung. Warga di Sumatera Barat biasanya menyebut camilan legendaris ini dengan sebutan karupuak jangek atau kerupuk jangek.

Kerupuk jangek ini bentuknya mirip seperti kerupuk rambak dari Jawa. Akan tetapi kerupuk jangek yang populer sebagai teman makan nasi Padang ini terbuat dari kulit sapi yang sudah dipotong kecil kemudian dibumbui.

Di kalangan masyarakat Sumatera Barat, kerupuk jangek yang paling disukai yaitu kerupuk jangek original tanpa diberi varian rasa kecuali bumbu dasar seperti garam.

Selain sebagai teman ketika makan nasi Padang, kerupuk jangek ini juga dikenal sebagai obat diare atau penyakit maag lo. Jadi, nggak heran ketika kamu berada di sana dan kamu mengalami diare, maka warga setempat bakal merekomendasikan untuk makan kerupuk jangek ini.

Kerupuk jangek terbuat dari kulit sapi pilihan yang telah direbus, disangrai, lalu dijemur dan kemudian digoreng, tentunya dalam setiap prosesnya ditambah dengan bumbu-bumbu dapur seperti garam.

Selain di warung-warung, jajanan ini juga banyak ditemukan di pusat oleh-oleh dengan berbagai macam varian rasa yang beragam seperti kerupuk jangek balado. Kerupuk jangek dijual di pusat oleh-oleh ini kemasannya juga lebih baik agar dapat tahan lama.

Kamu juga bisa menemukan kerupuk ini hampir di seluruh rumah makan di Ranah Minang. Para pelanggan biasanya bakal meminta pelayan menyajikannya dengan dicampur kuah gulai.

Soal harga, kerupuk jangek kemasan kecil hanya dibanderol Rp2.000 per bungkusnya. Tapi, jika kamu beli di pusat oleh-oleh setempat, harganya bisa mencapai Rp40.000/250 gram. Tersedia juga versi mentahnya, lo. Jadi, bisa awet deh!

Resep Kerupuk Jangek

Untuk membuat kerupuk jangek bahan-bahan yang harus disiapkan yaitu kulit sapi, kapur murni, air, minyak, bawang putih, garam dan penyedap rasa, lalu untuk langkah-langkahnya sebagai berikut.

1.     Rendam kulit sapi ke dalam larutan air kapur

Hancurkan kapur di dalam wadah kemudian tuang air secukupnya. Aduk kapur sampai semuanya larut lalu sisihkan. Selanjutnya masukkan kulit sapi ke dalamnya, lalu biarkan selama 2 hari. Ini akan membuat kulit menjadi lebih mudah untuk dibersihkan.

2.     Rebus kulit sampai matang

Setelah direndam ke dalam larutan air kapur selama 2 hari, kulit dicuci dengan air mengalir sampai bersih, lalu tiriskan. Kerok bagian luarnya dengan menggunakan pisau sampai semua bulunya hilang.

Masukkan ke dalam panci yang berisi air, kemudian rebus sampai kulit menjadi empuk.

3.     Goreng kulit sapi sampai kering

Ulek semua bahan bumbu seperti bawang putih dan lain-lainnya sampai halus, lalu sisihkan terlebih dahulu. Potong kulit yang sudah direbus tadi dan campurkan dengan bumbu.

Biarkan bumbu meresap pada kulit sapi, tiriskan dan jemur sampai kering. Goreng kulit sampai kering di atas minyak, tiriskan dan kerupuk jangek siap untuk disantap. Duh, jadi ngiler. Kuy, bikin sendiri, Millens! (Lip,Idn/MG44/E05)