inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Atasi Hawa Gerah dengan Segarnya Es Duren Pak Kasdi Purbalingga
Kamis, 28 Sep 2023 15:09
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Es Duren Pak Kasdi Purbalingga. (Googlestreetview/Okta Tri)

Es Duren Pak Kasdi Purbalingga. (Googlestreetview/Okta Tri)

Seperti kebanyakan kota di Indonesia, Purbalingga juga mengalami hawa gerah. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyejukkan tenggorokan dengan menikmati segarnya es duren Pak Kasdi. Di sana, sajian esnya mantap karena duriannya melimpah.

Inibaru.id – Kuliner Purbalingga lebih dari sekadar mendoan atau buntil. Di sana, kamu juga bisa mencicipi sejumlah kuliner lain yang nggak kalah nikmat. Salah satu yang cukup legendaris adalah Es Duren Pak Kasdi yang sudah eksis sejak 1969.

Selain dikenal dengan nama Es Duren Pak Kasdi, terkadang kedai ini juga disebut dengan Es Duren Tugu Bancar Purbalingga. Alasannya, lokasinya nggak jauh dari Tugu Bancar yang hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer ke arah timur dari Alun-Alun Purbalingga.

Pengelola kedai tersebut, Muji Setiarini, mengaku kedainya memang sering didatangi selebritas ataupun tokoh-tokoh terkenal. Alasannya, es durian yang dia sajikan selalu memakai bahan-bahan segar sehingga selalu memuaskan pelanggan.

“Duriannya tidak kami bekukan. Makanya saat kami sajikan masih memiliki aroma dan rasa yang kuat. Santan yang kami pakai juga perasan santan kelapa murni,” terang Muji yang merupakan anak dari Pak Kasdi sebagaimana dilansir dari Serayunews, Minggu (11/12/2022).

Mengingat durian adalah buah musiman, bagaimana mereka bisa memastikan durian yang disajikan tetap segar tanpa dibekukan? Ternyata, mereka terus mencari durian dari berbagai daerah.

Kedai Es Duren Pak Kasdi Purbalingga dekat dengan Tugu Bancar. (Googlestreetview/Grytje Gregory)
Kedai Es Duren Pak Kasdi Purbalingga dekat dengan Tugu Bancar. (Googlestreetview/Grytje Gregory)

“Kalau di kawasan Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, atau Kebumen sedang nggak musim, kami akan cari durian di daerah lain. Makanya, kami selalu sedia durian segar setiap hari,” ucap anak Pak Kasdi lainnya yang juga mengelola kedai tersebut, Ridho.

Karena ketersediaan durian yang melimpah, jangan heran kalau pada setiap mangkuk es durian yang disajikan di sana, ada tiga sampai empat biji durian yang disajikan. Banyaknya durian yang disajikan ini juga jadi alasan lain mengapa pelanggan terus berdatangan.

Selain itu, harga minuman di Kedai Es Duren Pak Kasdi juga terjangkau, lo. Selain es durian biasa, ada menu-menu minuman lain yang nggak kalah menggoda seperti es durian campur dan es durian dengan kelapa kopyor. Harganya dibanderol dari Rp 19 ribu hingga Rp28 ribu.

Layaknya kota-kota lain di Indonesia, Purbalingga juga cenderung memiliki suhu udara yang panas sepanjang waktu. Oleh karena itulah, jangan heran kalau Es Duren Pak Kasdi terus disesaki pelanggan. Banyak dari mereka yang pengin mengatasi hawa gerah tersebut dengan minun es durian menyegarkan di sana.

Gara-gara hal ini, warung es duren ini hanya buka enam jam saja setiap hari, yaitu dari pukul 10.00 WIB sampai 16.00 WIB. Terkadang sebelum pukul 16.00, mereka sudah kehabisan. Oleh karena itu, ada baiknya kalau kamu pengin mencicipi kesegaran es durian di sana, datangnya agak pagi, Millens. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved