inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Apa Saja Comfort Food bagi Orang Indonesia?
Rabu, 7 Jun 2023 09:41
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Ilustrasi: Comfort food biasanya cenderung memiliki rasa manis atau asin daripada asam atau pahit. (Istock)

Ilustrasi: Comfort food biasanya cenderung memiliki rasa manis atau asin daripada asam atau pahit. (Istock)

Ada beberapa makanan yang secara 'ajaib' bisa membuat kita otomatis merasa lega, bahagia, dan nyaman. Makanan seperti itu seringkali disebut comfort food. Nah, kita sebagai orang Indonesia, juga mempunyai beberapa jenis comfort food. Apa saja, ya?

Inibaru.id - Saat stres, suntuk, bosan, nggak ada ide, bahkan sedih, seringkali kita mencari makanan enak untuk pelarian. Makanan yang kita pilih biasanya merupakan makanan favorit yang bisa mengalihkan perhatian dan meningkatkan kenyamanan diri kita. Nggak hanya itu, makanan yang jadi rujukan kita biasanya bisa otomatis meredakan rasa gelisah dan tekanan yang sedang kita hadapi.

Nah, jenis makanan yang bisa menimbulkan kenyamanan bagi siapa saja yang mengonsumsinya ini disebut dengan comfort food. Jenis comfort food masyarakat di setiap negara, bahkan setiap orang nggak selalu sama ya, Millens.

Berdasarkan sebuah ulasan yang diterbitkan dalam International Journal of Gastronomy and Food Sciences, biasanya comfort food memiliki kandungan kalori yang tinggi dan dikaitkan dengan nostalgia masa kecil serta menu-menu khas rumahan. Itu artinya, kamu yang mengonsumsi comfort food bisa saja teringat akan masa kecil di rumah bersama keluarga yang menyenangkan.

Itulah kenapa comfort food bagi orang Amerika adalah hamburger, orang Italia adalah pizza, sedangkan orang Korea adalah kimchi. Alasannya karena setiap orang memiliki selera, kebiasaan, dan lingkungan yang berbeda-beda.

Comfort Food Orang Indonesia

Ilustrasi: Rasa mi instan yang gurih dan harganya yang murah membuatnya disukai banyak orang di Indonesia. (Tiktak)
Ilustrasi: Rasa mi instan yang gurih dan harganya yang murah membuatnya disukai banyak orang di Indonesia. (Tiktak)

Lalu, apakah masyarakat Indonesia juga mempunyai comfort food yang bisa memunculkan rasa bahagia? Jawabannya, tentu saja punya! Bahkan, Indonesia yang punya ribuan resep masakan autentik membuat masyarakatnya punya bermacam-macam menu comfort food, Millens!

Yap, bagi orang Indonesia, comfort food di satu daerah bisa saja berbeda dengan daerah lain. Namun, secara umum, inilah beberapa menu comfort food yang biasa dinikmati masyarakat di setiap daerah di negeri ini.

1. Nasi Goreng

Nasi goreng di Indonesia, apalagi yang rumahan nggak banyak menggunakan bumbu atau rempah. Mungkin itu yang justru menjadikan nasi goreng sebagai comfort food bagi banyak orang.

2. Bakso

Bakso sebagai comfort food orang Indonesia sudah nggak diragukan lagi. Banyaknya warung bakso di sekitar kita jadi salah satu buktinya. Jika pada dekade lalu bakso dijajakan dengan gerobak yang didorong keliling kampung, kini bakso sudah banyak kita jumpai di dalam restoran dan kafe.

3. Bubur Ayam

Salah satu menu sarapan yang sering terpikirkan oleh kita adalah bubur ayam. Paduan bubur yang bertekstur halus dan lembut, kuah kuning yang gurih berempah, serta aneka toping menggiurkan, membuat menu masakan segala usia ini sulit ditolak.

4. Mi Instan

Mi instan bagi sebagian masyarakat kita merupakan makanan praktis yang cocok disantap saat hujan deras, nggak punya banyak uang, malas ke warung, dan banyak momentum lainya. Ya, terlepas dari anggapan bahwa mi instan merupakan makanan nggak sehat, ia tetap jadi makanan idola kita semua. Setuju, Millens?

5. Martabak Manis

Martabak manis harganya relatif murah, ukurannya besar, rasanya manis, dan disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Makanan ini juga menjadi salah satu jajanan masa lalu yang masih eksis hingga saat ini.

Penjual nartabak manis, yang juga acap disebut kue terang bulan atau hok lo pan tersebut mudah sekali kita jumpai di pinggir jalan setiap sore hingga malam. Nggak heran jika ini jadi salah satu comfort food masyarakat +62.

Nah, dari sekian banyak jenis comfort food di atas, mana yang paling bisa meredakan kegelisahan dan kegalauanmu, Millens? (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved