Sejumlah Pemain Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-Yong Dilirik Klub Luar Negeri

Sejumlah Pemain Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-Yong Dilirik Klub Luar Negeri
Pratama Arhan, pemain Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-Yong kabarnya dilirik klub luar negeri. (Twitter/Goal_Asia_)

Sejumlah pemain Timnas Indonesia kabarnya dilirik klub luar negeri usai tampil menawan di Piala AFF 2020. Meski nggak juara, anak-anak muda ini dianggap lebih baik mengembangkan karier dengan bermain di luar negeri.

Inibaru.id – Selesai sudah perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang digelar di akhir 2021 dan awal 2022. Di leg kedua babak final, Indonesia menahan imbang Thailand 2-2 usai kalah 0-4 di leg pertama. Meski nggak jadi juara, sejumlah pemain Timnas yang kebanyakan diisi pemain muda kabarnya dilirik klub luar negeri.

Meski Liga 1 Indonesia meriah dan diisi klub-klub tradisional dengan rivalitas yang sangat menarik untuk ditonton, realitanya kualitas liga kita masih kurang baik, bahkan di level Asia Tenggara sekalipun. Karena itu, jika ada pemain yang mau pindah ke klub luar negeri, apalagi ke liga dengan level yang lebih bagus seperti Liga Thailand, Liga Korea, Liga Jepang, atau bahkan ke Eropa.

Performa pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 memang terus meningkat meski di babak final leg pertama sempat mengalami kekalahan telak. Apalagi, di leg kedua, timnas tampil penuh determinasi dan keberanian meski secara permainan dan skill jelas masih di bawah kemampuan pemain Timnas Thailand.

Buktinya terlihat jelas, bek Kiri Pratama Arhan yang berasal dari PSIS Semarang sampai dinobatkan jadi pemain muda terbaik turnamen. Gelandang elegan Ricky Kambuaya yang terus mendapatkan pujian dari pada pengamat sepak bola sejak fase grup juga menjadi pemain terbaik di babak final leg 2.

Arhan dan rekannya dari PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga kabarnya sudah dilirik klub luar negeri sebagai dampak dari baiknya performa mereka selama Piala AFF. Asalkan nggak mendapatkan hukuman atau cedera, keduanya pasti jadi andalan Shin Tae-young.

Pemain Timnas Indonesia yang paling bersinar selama Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya juga digadang-gadang bakal bermain di luar negeri. (Twitter.com/ichwxn)
Pemain Timnas Indonesia yang paling bersinar selama Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya juga digadang-gadang bakal bermain di luar negeri. (Twitter.com/ichwxn)

CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi menyebut dua pemain dari klubnya sudah dilirik klub luar negeri. Kabarnya, Arhan bahkan sudah dilirik klub Korea Selatan dan menyusul sang kapten Timnas Asnawi Mangkualam Bahar. Pada 2021 lalu, Asnawi bermain untuk tim Liga K2, divisi dua Korea, Ansan Greeners dan menunjukkan perkembangan yang pesat di sana.

Yoyok juga menyebut Dewangga dilirik klub Korea Selatan. Hanya, dia nggak mengungkap klub mana saja yang tertarik merekrut mereka. Satu hal yang pasti, Yoyok siap melepas keduanya untuk mengembangkan karier di luar negeri, asalkan dengan kompensasi sesuai dengan kontrak kedua pemain tentunya.

Bek jangkung Elkan Baggott yang masih berstatus klub Ligue One Inggris Ipswich Town juga kabarnya dilirik klub Liga Jepang FC Tokyo. Hanya, pilihan untuk tetap bertahan di Ipswich Town juga baik mengingat kualitas liga profesional di Inggris, meski di level junior, ketiga, atau keempat sekalipun sangatlah bagus.

Meski belum ada penawaran resmi, sejumlah pengamat yakin jika Ricky Kambuaya yang jadi jantung lini tengah Timnas bakal dilirik klub luar negeri. Semoga saja dia bisa menyusul Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, hingga Rudolf Yanto Basna yang sudah lama berani merantau mengembangkan karier.

Setuju pemain timnas bermain di klub luar negeri agar berkembang, Millens? (Aku,Rak/IB09/E05)