Wujudkan Seruan 'Aku Harus Kuliah', Beasiswa OSC Medcom.id Kembali Hadir Tahun Ini

Wujudkan Seruan 'Aku Harus Kuliah', Beasiswa OSC Medcom.id Kembali Hadir Tahun Ini
Beasiswa OSC Medcom.id hadir tahun ini, 2021. (OSC Medcom.id)

Beasiswa OSC Medcom.id kembali hadir tahun 2021 ini. Hal ini sebagai perwujudan seruan Medcom.id berupa 'Aku Harus Kuliah' bagi anak-anak muda Indonesia yang ingin menempuh pendidikan tinggi.

Inibaru.id – Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id kembali hadir pada 2021. Hal ini berarti, sudah tujuh tahun berturut-turut beasiswa ini diadakan. Hal ini membuktikan tekad OSC Medcom.id yang menyerukan ‘Aku Harus Kuliah’ bagi anak-anak muda Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

“Komitmen ini menjadi sebuah gerakan besar, persembahan untuk anak Indonesia agar dapat terus mengejar mimpinya berkuliah di kampus favorit dengan beasiswa. Dan ini seiring dengan suara yang akan diserukan pada OSC 2021, yakni ‘Aku Harus Kuliah’,” ungkap CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata di acara peluncuran beasiswa OSC Medcom.id 2021, Rabu (25/8/2021).

Hal yang serupa juga diungkap CEO Media Group Mirdal Akib. Menurutnya, beasiswa ini memberikan kesempatan besar bagi anak bangsa yang ingin menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

“OSC hadir semakin progresif dalam menghadirkan kesempatan yang luar biasa untuk putra-putri Indonesia,” ujarnya.

Tahun ini, setidaknya 590 beasiswa sudah disiapkan oleh OSC Medcom.id di 25 perguruan tinggi swasta (PTS) favorit. Rinciannya, 515 beasiswa diperuntukkan bagi program S1, sementara sisa 75 beasiswa untuk program S2. Total, nilai beasiswa ini adalah Rp 47 miliar!

Nantinya, pemenang beasiswa ini bakal mendapatkan biaya pendidikan penuh dari awal kuliah hingga lulus. Pemenang juga mendapatkan kesempatan hebat lain berupa bantuan biaya hidup, program magang, serta penyaluran di dunia kerja.

Selain itu, penerima beasiswa juga berkesempatan mendapatkan tabungan pendidikan. Pemenang pertama bakal mendapatkan Rp 1,5 juta, sementara pemenang kedua akan mendapatkan Rp 750 ribu.

Pendaftaran beasiswa ini sudah dibuka sejak 25 Agustus 2021. Nah, kalau penutupannya, untungnya masih lama, kok Millens, yakni sampai 2 November 2021. Pendaftarannya juga nggak ribet karena kamu tinggal masuk ke situs osc.medcom.id. Di situs ini, kamu tinggal mengisi formulir, melakukan verifikasi e-mail, dan menentukan kampus tujuan.

Kalau kamu penasaran soal biaya pendaftaran, nggak perlu khawatir. Di program S1, biaya pendaftarannya gratis. Hanya, kamu harus menyertakan surat keterangan masih duduk di kelas 12 atau surat keterangan lulus namun belum kuliah.

Nah, untuk program S2, ada biaya pendaftarannya sebesar Rp 189 ribu. Kalau persyaratannya, harus lulusan S1 tahun 2019 sampai 2021. Usia maksimal pendaftar adalah 25 tahun. Hanya, ada pengecualian bagi pengajar dengan ijazah S1 karena usia maksimalnya adalah 35 tahun.

Soal biaya pendaftaran di program S2 ini, nantinya bakal dikumpulkan dan disumbangkan ke pemenang di kategori berprestasi dan tidak mampu di program S1, Millens. Jadi, ada manfaatnya deh.

Usai pendaftaran, tes online bakal dilakukan pada 6 November 2021. Selanjutnya ada seleksi berkas di dua minggu terakhir November 2021 dan kemudian tes online terakhir pada 11 Desember 2021. Setelahnya, pengumuman penerima beasiswa bakal dilakukan pada 20 Januari 2022.

Sudah siap mendaftar beasiswa OSC Medcom.id, Millens? (IB09/E07)