Usai Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Minta Maaf

Usai Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Minta Maaf
Penampakan desain sepatu Adidas dengan motif wayang kulit. (Instagram/Adidas)

Dalam sebuah postingan, Adidas Singapura menyebut wayang kulit dari Malaysia. Sontak, warganet dari Indonesia berang dibuatnya.

Inibaru.id - Baru-baru ini Adidas mengalami hal yang nggak mengenakkan. Maksud hati pengin menarik minat masyarakat Asia Tenggara dengan mengangkat tema budayanya, Adidas justru mendapat amarah warganet Indonesia. Jenama yang terkenal dengan produk-produk peralatan olahraga kelas wahid itu diseruduk warganet Indonesia usai menyebut wayang kulit, yang menjadi desain di salah satu produknya, sebagai warisan budaya Malaysia. 

Awal mulanya, Adidas melalui akun Instagram resmi Adidas Singapura, @adidassg pada Rabu (10/11/2021), mem-posting foto salah satu sepatu buatan mereka yang masuk koleksi City Pack. Nah, ada desain wayang kulit di masing-masing sisi sepatu tersebut.

"Merayakan warisan budaya Malaysia lewat mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack berikutnya," begitu bunyi caption foto unggahan Adidas.

Langsung saja caption foto itu diserbu warganet. Menyadari telah menyinggung lewat Instgram story-nya, Adidas menyampaikan permohonan maaf.

"Terima kasih telah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dari warisan budaya Malaysia, kita seharusnya menyebut asal-usulnya dari Indonesia di posting-an kami," tulis Adidas.

Selain minta maaf, Adidas juga juga telah mengubah isi postingannya.

"Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi bagian lain di Asia Tenggara. Desain #Ultra BOOST DNA City Pack memberikan penghormatan untuk bentuk seni dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan "lama bertemu-baru" pada DNA UltraBOOST." Begitu bunyi caption terbarunya.

Wayang  kulit Malaysia. (IStockphoto)
Wayang  kulit Malaysia. (IStockphoto)

FYI, Adidas, dalam membuat desain untuk produksinya, mengaku terinspirasi dari budaya negara-negara di Asia Tenggara. Mereka juga mengaku nggak bermaksud mengklaim wayang kulit berasal dari Malaysia.

"Saat bekerja dengan seniman untuk mengembangkan perwakilan desain warisan Malaysia dan Asia Tenggara, kami dengan rendah hati terinspirasi oleh warisan budaya yang kaya di negara-negara Asia Tenggara. Untuk menghindari keraguan, baik brand maupun artis, tidak bermaksud untuk mengklaim bukan seni budaya dari Indonesia," sebut Adidas.

"Kami berterima kasih sekali lagi atas dukungan Anda terhadap merek ini, dan pembuat konten yang berkolaborasi dengan kami untuk merayakan budaya unik kami serta identitas kami," pungkasnya.

Objek Warisan Tidak Kentara

Kalau di situs www.heritage.gov.my yang merupakan portal resmi kebudayaan Malaysia, wayang kulit termasuk ke dalam Objek Warisan Tidak Ketara atau warisan bukan benda.

Padahal dalam situs UNESCO, iya, organisasi yang langsung di bawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) itu, wayang kulit juga diakui sebagai seni tradisional dari Jawa dan Bali.

Menurutmu gimana nih Millens soal wayang yang ada di produk sepatu Adidas ini(Det,Kum/IB21/E07)