inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tips Mencegah Gendam Saat Mudik dari Polda Jateng
Jumat, 22 Apr 2022 09:47
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Waspada aksi kejahatan, berikut tips mencegah gendam saat mudik. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Waspada aksi kejahatan, berikut tips mencegah gendam saat mudik. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Aksi kejahatan rentan menyerang pelaku mudik Lebaran 2022. Salah satunya adalah aksi gendam atau hipnotis. Nah, Polda Jawa Tengah (Jateng) punya tips demi mencegah gendam, Millens. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Para perantau sangat antusias mengikuti mudik Lebaran 2022. Nggak hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi, mereka juga memakai kendaraan umum seperti bus, kereta, kapal, atau bahkan pesawat terbang. Masalahnya banyak terjadi kasus kriminalitas selama mudik, termasuk aksi gendam.

Omong-omong ya, pelaku gendam memakai trik hipnotis untuk memperdaya korbannya. Korban yang linglung biasanya diminta untuk menyerahkan uang, perhiasan, mentransfer uang, atau melakukan hal-hal lainnya yang merugikan. Biasanya sih, korban baru sadar saat pelaku sudah kabur, Millens.

Maraknya aksi gendam membuat polisi sampai angkat bicara, Kabid Humas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Pol M Iqbal Alqudusy pun meminta masyarakat untuk lebih waspada selama arus mudik nanti.

“Korbannya cukup banyak. Namun berdasarkan pengalaman di lapangan, kebanyakan korban gendam adalah pedagang, pelaku perjalanan, dan warga yang ada di pusat keramaian,” ujar Iqbal, Kamis (21/4/2022).

Selain itu, kebanyakan kasus gendam terjadi di pusat keramaian layaknya terminal, toko-toko, dan pasar. Hal ini pun membuat Polda Jateng bakal menyisir sejumlah lokasi yang dianggap rawan aksi gendam. Mereka pun bakal melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait aksi kejahatan ini.

“Termasuk berkoordinasi dengan pengelola terminal dan pasar. Semua pihak kita ajak mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) termasuk gendam,” lanjutnya.

Tips Mencegah Gendam saat Mudik

Terminal bus, salah satu lokasi rawan aksi gendam. (Media Indonesia/Ramdani)
Terminal bus, salah satu lokasi rawan aksi gendam. (Media Indonesia/Ramdani)

Memang, KUHP Pasal 378 memastikan kalau pelaku gendam bakal dihukum. Meski begitu, sebaiknya kamu mencegahnya agar nggak jadi korban selama mudik. Nah, berikut adalah sejumlah trik yang bisa kamu lakukan untuk mencegah gendam.

1. Selama mudik, sebaiknya nggak membawa uang dalam jumlah banyak. Bawa secukupnya saja untuk perjalanan. Selain itu, sebaiknya nggak membawa perhiasan yang mencolok atau barang berharga lainnya yang bisa menarik perhatian pelaku kejahatan.

2. Sebaiknya nggak mudik sendirian. Jika ada keluarga atau teman, bakal lebih baik karena biasanya pelaku gendam menyasar mereka yang sendirian saja.

3. Jangan mudah melamun ya. Jika lelah, istirahat saja. Biasanya sih mereka yang sedang lelah atau nggak fokus jadi sasaran pelaku gendam.

4. Hati-hati jika ditepuk orang yang nggak dikenal. Jangan mudah terkejut atau terperangah dan berusahalah untuk selalu fokus dan sadar.

5. Jangan mudah percaya dengan orang yang tiba-tiba sok akrab selama perjalanan.

6. Jika merasa ada yang nggak beres dengan kondisi tubuh, waspadalah. Jika perlu, segera mencari air untuk mencuci muka jika merasa tiba-tiba mengantuk atau pusing tanpa penyebab yang jelas.

Kalau merasa ada yang nggak beres, jangan ragu meminta pertolongan petugas terdekat ya, Millens. Ingat, gendam bisa sangat merugikan! (Idn/IB09/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved