BerandaHits
Rabu, 11 Jan 2023 17:00

Tips Membersihkan Headphone atau Earbuds dengan Benar

Tips Membersihkan Headphone atau Earbuds dengan Benar

Bersihkan Headphone atau earbudsmu paling nggak seminggu sekali. (Pexels/Bruce Mars via Merah Putih)

Selain kebersihan smartphone, perangkat pelengkap yang juga harus kamu perhatikan kebersihannya adalah headphone atau earbuds. Nah biar nggak malah bikin rusak, berikut ini tips membersihkan headphone atau earbuds dengan benar.

Inibaru.id – Membersihkan headphone atau earbuds merupakan salah satu cara menjaganya agar awet. Asal kamu tahu, headphone atau earbuds bisa menjadi sarang kotoran jika nggak dibersihkan.

Kotoran-kotoran itu berupa sel kulit, keringat, kotoran kuping, dan produk perawatan. Ew banget kan kalau kamu sampai malas membersihkannya?

Tapi, kamu nggak bisa membersihkan kedua perangkat tersebut dengan asal. Mengisap atau meniupnya juga nggak disarankan karena rawan rusak.

Lalu, bagaimana cara membersihkan headphone atau earphone dengan benar? Berikut ini tips membersihkan perangkat ini mengutip CNN (10/10/2022).

Gunakan kain

Kamu bisa mengusap-usap headphone atau earbuds menggunakan kain lembut yang lembap. Tapi ingat, pastikan headphone dalam keadaan mati dan nggak terhubung ke dalam ponsel. Setelah semua bagian bersih, keringkan perangkat dengan kain lembut. Hindari menggunakan alkohol karena berpotensi merusak warna atau lapisan kulit bawaannya.

Gunakan sikat lembut

Seluruh bagian headphone atau earbuds harus dibersihkan dengan saksama. (Mashable via eraspace)
Seluruh bagian headphone atau earbuds harus dibersihkan dengan saksama. (Mashable via eraspace)

Jangan hanya fokus pada bagian luar headphone atau earbuds ya. Bersihkan juga bagian dalam dengan sikat kecil berbulu lembut dan kecil. Untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan, dekatkan earbuds atau headphone dengan tanah atau lantai.

Selain itu, gaya grativitasi dapat membantu membersihkan debu-debu yang menempel.

Bersihkan casing dan konektor baterai

Kalau headphone atau earbudsmu sudah bersih, casing dan konektornya juga harus kamu bikin kinclong. Casing dan konektor biasanya terdapat pada headphone yang mengandalkan koneksi bluetooth atau wifi.

Jika perangkatmu Airpods, Apple menyarankan untuk menggunakan kain yang kering. Biar lebih mantap, kamu juga boleh menambahkan alkohol jenis isopropyl untuk membersihkan konektor dan bagian dalam casing earbuds.

Gunakan kain mikrofiber

Mengutip 9toMac5, salah satu jenis kain yang cukup bagus dipakai adalah mikrofiber. Kamu bisa terlebih dahulu membasahinya dengan Clorox atau ehtyl.

Setelah itu, lepaskan bagian karet jika ada pada earbuds atau headphone. Barulah bersihkan karet tersebut dengan air segar sebelum kamu keringkan.

Kebersihan merupakan kunci kenyamanan. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan headphone atau earbuds milikmu biar nyaman dipakai dan panjang umur ya, Millens! (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved