inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tiga Kereta Api Baru di Wilayah Daop 4 Semarang, Apa Saja?
Selasa, 16 Mei 2023 09:14
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Ada tiga kereta api (KA) baru yang akan beroperasi di wilayah Daop 4 Semarang mulai 1 Juni 2023. (MI/Supardji Rasban)

Ada tiga kereta api (KA) baru yang akan beroperasi di wilayah Daop 4 Semarang mulai 1 Juni 2023. (MI/Supardji Rasban)

Mulai 1 Juni 2023, ada tiga kereta api baru yang beroperasi di wilayah Daop 4 Semarang. Pengoperasian tiga KA baru tersebut membuat kita sebagai masyarakat semakin banyak alternatif bepergian menggunakan kereta.

Inibaru.id - Buat kamu yang terbiasa bepergian naik kereta api, pasti senang dengan kabar gembira dari PT KAI. Ya, beberapa waktu lalu PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan akan mengoperasikan kereta api baru mulai 1 Juni 2023.

Ada tiga kereta api (KA) baru yang akan beroperasi di wilayah Daop 4 Semarang, yaitu KA Argo Merbabu relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Gambir, KA Banyu Biru relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Solo Balapan, serta KA Pandalungan relasi Gambir-Semarang Tawang-Jember.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko menjelaskan, kelas pelayanan untuk KA Argo Merbabu dan KA Pandalungan terdiri dari 8 gerbong eksekutif, serta KA Banyubiru terdiri dari 4 gerbong eksekutif dan 3 gerbong ekonomi.

Pada tahap awal, KA Pandalungan dan KA Banyubiru akan beroperasi pada akhir pekan. Sementara KA Argo Merbabu akan beroperasi setiap hari.

”Pengoperasian tiga KA baru ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api,” jelas Ixfan, Senin (15/5/2023).

Untuk semakin menarik minat pelanggan, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Pandalungan seharga Rp 300.000 dari tarif normal seharga Rp360.000-Rp420.000. Kemudian, KA Argo Merbabu Rp200.000 dari tarif normal seharga Rp280.000-Rp370.000.

Sementara, untuk KA Banyubiru kelas eksekutif Rp30.000 dari tarif normal seharga Rp75.000 dan kelas ekonomi Rp20.000 dari tarif normal seharga Rp40.000.

Kamu bisa mendapatkan tarif promo ini selama bulan Juni 2023 ya, Millens. Pembelian tiketnya bisa kamu lakukan sejak H-30.

Seperti biasa, kamu bisa membeli tiket KA-KA tersebut pada aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI.

Nama Kereta Api Baru

Kamu bisa memesan tiket kereta api baru ini melalui aplikasi KAI Access. (KAI)
Kamu bisa memesan tiket kereta api baru ini melalui aplikasi KAI Access. (KAI)

KA Pandalungan menawarkan rute baru dari Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng-Jember PP pada kelas eksekutif. Rute ini merupakan rute perdana yang menawarkan perjalanan langsung dari Jakarta menuju Jember lewat Semarang dan Surabaya tanpa transit, sekaligus akan menjadi kereta api dengan rekor jarak tempuh terjauh.

Sementara, KA Argo Merbabu dan KA Banyubiru menawarkan alternatif perjalanan kereta api kelas eksekutif pada rute-rute favorit yang telah ada sebelumnya.

Nama KA Pandalungan diambil dari nama sub-suku Madura yang mendiami daerah tapal kuda di Jawa Timur di luar Pulau Madura yang merupakan wilayah utama suku Madura. Sedangkan nama KA Argo Merbabu diambil dari nama gunung-gunung tertinggi di pulau Jawa. Sementara, KA Banyubiru terinspirasi dari nama kawasan di sekitar Ambarawa.

”Dengan penamaan tersebut, diharapkan ketiga kereta api tersebut dapat sukses dan besar, serta dapat memberikan pelayanan yang terus meningkat bagi masyarakat,” ungkap Ixfan.

Wah, kereta dan rute baru ini semakin memudahkan kita untuk bepergian naik kereta ke tujuan-tujuan yang disebutkan tadi ya, Millens? (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved