Ternyata Test Pack Juga Bisa Dipakai Laki-laki, Untuk Apa?

Ternyata Test Pack Juga Bisa Dipakai Laki-laki, Untuk Apa?
Test pack juga bisa dipakai laki-laki. Kalau hasilnya positif, bisa jadi tanda bahaya. (Flickr/ Daniel Lobo)

Ternyata, test pack nggak hanya bisa dipakai perempuan. Test pack juga bisa dipakai laki-laki, lo. Kalau hasilnya positif, malah sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Apa alasannya?

Inibaru.id – Kalau membicarakan test pack, maka yang terpikir tentu saja adalah peralatan yang dipakai perempuan untuk mendeteksi kehamilan. Padahal, test pack juga biisa dipakai laki-laki, lo. Buat apa ya?

Bahasan tentang test pack mulai viral gara-gara selebritas kontroversial Lucinta Luna mengaku tengah hamil. Dia mengunggah video yang isinya menunjukkan kalau dia sedang hamil. Bahkan, beredar tangkapan layar yang menunjukkan hasil test pack yang menunjukkan positif hamil.

Mengingat ada warganet yang masih yakin jika sang selebritas adalah laki-laki, muncul pertanyaan, apakah test pack juga bisa dipakai laki-laki? Nah, yang mengejutkan, ternyata alat ini memang bisa dipakai oleh kaum adam, lo.

Bagi laki-laki, test pack nggak untuk mendeteksi kehamilan atau kesuburan. Alat ini justru bisa mendeteksi kanker testis. Asal kamu tahu, kanker ini sangat mematikan dan berbahaya.

Lantas, bagaimana bisa test pack dipakai untuk mendeteksi kanker testis? Ternyata, hal ini disebabkan oleh cara kerja alat ini yang mendeteksi keberadaan beta-human chorionic gonadotropin (hCG) yang ada di air seni. Bagi perempuan, keberadaan hCG ini menunjukkan kalau mereka sedang hamil.

Test pack bisa dipakai untuk mendeteksi kanker testis pada pria. (Flickr/

Ernesto Andrade)
Test pack bisa dipakai untuk mendeteksi kanker testis pada pria. (Flickr/ Ernesto Andrade)

Kalau kadar hCG ini juga ditemukan dalam air seni laki-laki, maka hal ini menunjukkan adanya kemungkinan kanker testis. Fakta ini diungkap oleh pakar kesehatan AS dr Mark Pomerantz.

“hCG sangatlah jarang ditemukan dalam tubuh. Hanya, kalau kadar hCG ditemukan di urine laki-laki bisa saja menandakan kanker testis,” ungkap dr Pomerantz dalam situs Your Tango.

Nah, kalau sampai laki-laki memakai test pack dan menemukan hasilnya positif sebagaimana wanita hamil, ada baiknya mereka segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter. Dengan melakukannya, mereka bisa segera melakukan pengobatan sehingga kanker tak kunjung menjadi ganas. Semakin cepat kanker ditangani, semakin besar pula kemungkinannya untuk sembuh.

Selain dengan memakai test pack, ada juga cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kanker testis, yakni dengan mengecek apakah ada benjolan atau tidak di kantung testis. Kalau ada benjolan mencurigakan namun nggak terasa nyeri, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter karena bisa jadi hal ini adalah fase awal dari kanker tersebut.

Kalau di bagian skrotum juga terasa membengkak atau berat, sebaiknya juga kamu waspadai. Apalagi jika ada rasa nyerinya. Terkadang, rasa nyeri terasa di bagian selangkangan atau bahkan sudah menjalar sekitarnya. Kalau yang ini sih sebaiknya kamu harus benar-benar segera memeriksakannya.

Jadi, sudah tahu kan, Millens kalau test pack memang bisa dipakai oleh pria. Ternyata, alat ini juga penting, ya? (Kom/IB09/E05)