BerandaHits
Rabu, 18 Jan 2023 20:50

Setop Pemakaian! 5 Tanda Sabun Mukamu Nggak Cocok

Setop Pemakaian! 5 Tanda Sabun Mukamu Nggak Cocok

Kulit kering dan kemerahan merupakan tanda sabun mukamu nggak cocok. (iStockphoto via CNN)

Sabun muka yang cocok di kulit bakal membuat wajahmu lembab, bersih, dan segar. Sebaliknya, kalau kamu menemukan 5 tanda berikut, segera hentikan pemakaian.

Inibaru.id – Biasanya, tanda bahwa sabun muka yang kamu pakai nggak cocok adalah kulit kering hingga kemerahan. Selain kedua tanda itu, ada beberapa gejala yang bisa muncul kalau sabun mukamu nggak cocok.

1. Kulit terasa ditarik

Jika kulit muka kamu terasa seperti ditarik atau kering, bisa jadi itu tanda sabun mukamu nggak cocok. Kalau kamu abaikan, kulit yang kering itu bakal mengelupas.

Kondisi tersebut diakibatkan oleh formula sabun yang berfungsi menghilangkan minyak alami dari kulit wajah. Karena nggak cocok, kulit jadi dehidrasi, rentan iritasi, sehingga terasa kencang.

2. Muka jadi kusam

Beberapa sabun muka mungkin mengklaim dapat mencerahkan wajah. Tapi, jika nggak cocok, mukamu justru menjadi kusam.

Kalau sudah terlihat kusam, sebaiknya segera kamu hentikan biar kondisi nggak parah. Kondisi yang dimaksud seperti penumpukan sel-sel kulit mati, menimbun komedo, sehingga berpotensi menjadi bibit jerawat atau beruntusan.

3. Gampang jerawatan

Wajahmu bakal mudah berjerawat kalau nggak cocok pakai sabun muka tertentu. (via Liputan6)
Wajahmu bakal mudah berjerawat kalau nggak cocok pakai sabun muka tertentu. (via Liputan6)

Tanda berikutnya sabun mukamu nggak cocok untuk kulit adalah munculnya jerawat atau beruntusan di dahi, hidung, pipi, dan dagu. Bahan aktid dalam sabun memicu produksi minyak secara berlebih.

Nah, minyak yang nggak terkendali ini bikin kotoran nempel sehingga bakterinya menyebabkan jerawat.

4. Tanda penuaan dini tampak

Formula sabun cuci muka yang nggak tepat dapat menghilangkan berbagai elemen penting dari kulit seperti kadar minyak, pH, hingga elastisitas, Millens.

Kehilangan salah satunya bisa membuat kondisi kulit nggak stabil dan menimbulkan masalah kulit lainnya. Yang paling seram, tanda penuaan bisa saja muncul seperti hiperpigmentasi, timbul garis-garis halus di bawah mata, kulit kendur, kering, hingga bintik-bintik hitam.

5. Kemerahan

Tanda kamu nggak cocok pakai sabun muka yaitu kulit kemerahan. Kondisi ini disebabkan bahan aktif di dalamnya terlalu sensitif untuk kulit. Bukan cuma kemerahan, kulit juga bisa terasa perih, panas, hingga gatal laiknya ditusuk-tusuk.

Jika mengalami berbagai masalah di atas usai memakai sabun muka tertentu, sebaiknya kamu hentikan deh. Nggak ada salahnya beralih ke sabun muka lain yang memang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu! (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved