inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Selain Parasetamol, Ini Obat Alternatif Penurun Demam Anak
Rabu, 19 Okt 2022 16:01
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Apa alternatif untuk mengobati anak demam selain parasetamol? (Shutterstock via Kumparan)

Apa alternatif untuk mengobati anak demam selain parasetamol? (Shutterstock via Kumparan)

Kementerian Kesehatan mengimbau apotek untuk menghentikan penjualan obat parasetamol cair atau sirop untuk sementara imbas munculnya gangguan ginjal akut yang telah mengakibatkan 25 anak meninggal. Lalu, obat apa yang sebaiknya diberikan ketika anak demam?

Inibaru.id – Munculnya gangguan ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak di Indonesia hingga kini masih menyita perhatian publik.

Kasus serupa sebelumnya juga terjadi di Gambia. Tapi penyebabnya adalah obat sirop parasetamol yang beredar di sana mengandung dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol (EG).

Nah, untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan, peredaran parasetamol sirop di Tanah Air disetop untuk sementara. Padahal banyak orang tua di Indonesia yang menggunakan parasetamol sirop pada anaknya ketika demam.

Saat ini, pemerintah melalui Kemenkes sedang mencari tahu penyebab gangguan ginjal akut pada anak ini. Karena itu, sebaiknya hindari dulu memberi parasetamol sirop ketika anak demam.

Lalu, apa alternatif obat penurun panas atau demam pada anak selain parasetamol?

Kata Ahli

Ibuprofen bisa dijadikan alternatif penurun demam anak. (Freepik/Atlascompany via Kumparan)
Ibuprofen bisa dijadikan alternatif penurun demam anak. (Freepik/Atlascompany via Kumparan)

Menurut penjelasan Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Zullies Ikawati, kamu bisa memberi ibuprofen alih-alih paracetamol untuk menurunkan demam.

"Kalau bukan karena DBD, bisa gunakan ibuprofen," kata Zullies pada Kompas, Rabu (19/10/2022). Selain itu, kamu juga bisa menggunakan parasetamol berbentuk puyer.

Menurutnya, parasetamol puyer aman, meskipun pahit rasanya. Kandungan parasetamol berbentuk sirop dan puyer sama.

"Sama-sama parasetamol, tapi nggak ada pelarutnya," ujar Zullies. O ya, pemberian parasetamol puyer pada anak ini dilakukan hanya ketika demam.

Dikompres

Nggak melulu obat, menurut Wakil Dekan Farmasi Universitas Indonesia (UI) yang juga ahli herbal Prof Abdul Munim, alternatif pengobatan untuk anak yang mengalami demam adalah dikompres.

"Penanganan pertama demam balita bisa dikompres. Jika tak menurun baru ke obat. Obat lain selain parasetamol adalah ibuprofen," kata Abdul, Rabu (19/10/2022).

Meskipun efektif menurunkan demam, parasetamol tetap membawa efek samping yaitu kerusakan hati. Sedangkan pada ginjal belum banyak laporannya.

"Namun efek samping ibuprofen ke ginjal lebih banyak laporannya dibandingkan parasetamol," tutur Abdul.

Menurutnya, sirop parasetamol telah digunakan sejak lama tanpa perubahan formula dan penggunaan obat tersebut seharusnya tak ada masalah.

Hm, jadi makin misterius ya penyebab gangguan ginjal akut pada anak yang mengonsumsi parasetamol sirop ini, Millens? Betewe, sebaiknya hindari dulu obat ini sampai penyelidikan selesai ya. (Siti Zumrokhatun/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved