BerandaHits
Minggu, 22 Jan 2023 16:12

Selain Disimpan Dalam Beras, Begini Cara Memeram Alpukat

Selain Disimpan Dalam Beras, Begini Cara Memeram Alpukat

Alpukat bisa dibikin cepat matang dengan menyimpannya bersama pisang atau apel. (Getty Images/iStockphoto/KucherAV via Detik)

Selain menggunakan beras, buah alpukat kesukaanmu bisa dibikin cepat matang jika disimpan bersama buah apel dan pisang.

Inibaru.id – Bisa diolah dan bergizi tinggi, alpukat menjadi salah satu buah favorit. Bukan cuma bisa dibuat jus atau smoothie, alpukat juga bisa menjadi menu yang lezat. Nah, jika kamu pengin mengolah buah ini menjadi makanan atau minuman yang menggugah selera, kesabaran sangat dibutuhkan.

Maklum, buah ini biasanya dijual dalam kondisi mentah. Eits, jangan salah ya, langkah paling tepat saat membeli buah alpukat memang memilih yang masih mentah.

Pilihlah alpukat yang memiliki tekstur yang keras saat ditekan dengan jari dan warnanya juga cenderung hijau muda.

Sebenarnya, kamu bisa saja membeli dalam kondisi matang. Tapi, umur simpannya nggak lama dan belum tentu dagingnya bagus. Jadi, sebaiknya beli saja yang mentah atau setengah matang.

Cara memeram alpukat

Apel dan pisang menghasilkan etilen yang mempercepat proses pematangan alpukat. (Shutterstock via Suara)
Apel dan pisang menghasilkan etilen yang mempercepat proses pematangan alpukat. (Shutterstock via Suara)

Biar alpukatmu bisa dinikmati, kamu harus menyimpannya. Memang, kamu hanya tinggal membiarkannya saja dan alpukat bakal matang dengan sendirinya. Tapi, kalau mau cepat, kamu bisa mempercepat proses pematangannya.

Selama ini, mungkin kamu sudah tahu kalau menyimpan alpukat di dalam beras bisa bikin buah ini cepat matang. Tapi, ada cara lain yang bisa juga kamu coba kalau lagi nggak punya beras.

Kata ahli gizi dari Hass Avocado Board, Amanda Izquierdo, MPH, RD, LDN, sebagaimana dikutip Kompas (21/1/2023) ada cara lain untuk mempercepat proses pematangan alpukat.

Caranya gampang kok. Cukup dengan memasukkan alpukat mentah ke dalam kantong kertas cokelat bersama buah apel atau pisang selama dua sampai tiga hari, maka alpukat bakal matang.

Teknik ini diklaim efektif sebabnya ada senyawa yang diproduksi tumbuhan yang disebut etilen. Zat etilen ini bisa diproduksi buah apel serta pisang.

Etilen ini berbentuk gas yang dihasilkan buah-buahan ketika disimpan dalam wadah tertutup. Efeknya, memicu buah lebih cepat matang.

"Etilen memicu proses pematangan, terlebih ketika disimpan bersamaan di dalam kantong kertas cokelat," ungkap Amanda.

Wah, ternyata proses memeram alpukat nggak cuma disimpan di dalam beras ya. Apel dan pisang juga bisa bikin buah kaya lemak baik ini cepat matang. Selamat mencoba ya, Millens. (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved