inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Seberapa Sering Harus Membersihkan Langit-Langit Rumah?
Minggu, 11 Feb 2024 08:25
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Membersihkan langit-langit rumah. (jayaboard)

Membersihkan langit-langit rumah. (jayaboard)

Nggak hanya lantai yang perlu kamu perhatikan kebersihannya. Langit-langit rumah juga. Biar nggak sampai bikin masalah kesehatan karena debu menumpuk, cek deh frekuensi ideal untuk membersihkannya berikut ini.

Inibaru.id – Karena sering kita pijak, kita rutin membersihkan lantai rumah dengan cara menyapu atau mengepelnya. Tapi, pernah nggak kamu memperhatikan kebersihan langit-langit rumah? Memang, terkadang langit-langit rumah terlihat selalu bersih. Tapi, sebenarnya, ada banyak kotoran di sana.

Kotoran yang biasanya paling mudah terlihat di langit-langit adalah yang berasal dari ventilasi udara berupa debu. Selain itu, terkadang kamu juga bakal melihat sarang laba-laba di sana. Lebih dari itu, sisa minyak atau bahan-bahan masakan yang menguap juga bisa lo menempel pada langit-langit rumahmu.

Langit-langit yang kotor nggak hanya membuat rumah jadi nggak terlihat cantik, melainkan juga memengaruhi kondisi udara di dalam rumah. Jika kondisi udaranya kotor dan penuh debu, kamu pun jadi rentan terkena masalah kesehatan, khususnya yang terkait dengan organ pernapasan. Oleh karena itulah, ada baiknya kamu harus rajin-rajin membersihkan langit-langit rumah.

Lantas, seberapa sering kamu harus melakukannya? Terkait dengan hal ini, House Digest, Senin (5/2/2024) punya saran yang bisa kamu jadikan patokan. Kalau di rumahmu ada yang merokok dan dia melakukannya di dalam rumah, sebaiknya melakukannya sebulan sekali. Alasannya, abu rokok bisa saja menumpuk di langit-langit rumahmu dan memberikan dampak kesehatan yang nggak bisa disepelekan.

Jika di rumah nggak ada yang merokok namun ada yang memiliki alergi debu, sebaiknya juga rutin membersihkannya sebulan sekali. Alasannya tentu saja agar debu nggak menumpuk dan membuat orang yang memiliki alergi jadi terkena masalah kesehatan.

Kamu bisa membersihkan langit-langit rumah dengan kemoceng. (Diadona)
Kamu bisa membersihkan langit-langit rumah dengan kemoceng. (Diadona)

Lantas, bagaimana jika di rumah nggak ada orang yang memiliki alergi debu sekaligus nggak ada yang merokok? Kalau di rumahmu juga nggak mengalami masalah kelembapan udara karena ventilasinya cukup baik, frekuensi membersihkan langit-langit rumah bisa lebih panjang, yaitu satu atau tiga kali saja dalam setahun, Millens.

Pertanyaan berikutnya, dengan cara apa kita membersihkan langit-langit rumah? Kalau soal ini, kamu bisa kok memakai kemoceng. Jika ada yang memiliki pegangan cukup panjang, bakal lebih baik. Tapi, jika yang tersedia adalah kemoceng biasa, kamu perlu memakai tangga atau kursi agar kemocengnya bisa menggapai langit-langit.

Ingat ya, tutupi furnitur rumah, peralatan makan, dan peralatan dapur dengan plastik, kertas, atau kain sehingga jika ada debu atau kotoran yang jatuh, nggak akan membuatnya jadi kotor. Kamu pun bisa membersihkan debu dan kotoran itu dengan lebih mudah nantinya.

Kamu juga sebenarnya bisa menyemprotkan cairan pembersih ke langit-langit. Tapi, hal ini berisiko membuat langit-langitnya mudah rusak. Jadi, pastikan bahwa jumlah cairan yang kamu semprotkan nggak banyak dan setelah disemprotkan, segera lap agar langit-langitnya cepat kering.

Selagi sedang di akhir pekan, coba deh cek langit-langit rumahmu. Kalau memang kotor, nggak ada salahnya lo membesihkannya sekarang juga, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved