inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tips Membasmi Rayap di Rumah
Minggu, 4 Feb 2024 17:59
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Membasmi rayap di rumah. (Jayaimperialpark)

Membasmi rayap di rumah. (Jayaimperialpark)

Jengkel dengan rayap yang merusak banyak barang di rumah? Yuk lakukan sejumlah cara untuk membasmi rayap di rumah berikut ini.

Inibaru.id – Salah satu hal yang bisa bikin banyak barang di rumah rusak adalah rayap. Nggak hanya kusen rumah, terkadang rayap juga menggerogoti barang-barang lainnya di rumah seperti furniture, baju, buku, hingga sejumlah dokumen penting. Kalau sampai barang-barang tersebut rusak, apalagi dokumen penting, tentu bakal membuatmu pusing tujuh keliling, bukan?

Sayangnya, kita tinggal di Indonesia dengan iklim tropis yang membuat kelembapan udara cukup tinggi. Nah, hal ini ternyata bisa membuat rayap jadi lebih mudah berkembang biak. Otomatis, risiko rumah bisa terkena rayap pun cukup tinggi.

Nah, berikut adalah beberapa tips membasmi rayap di rumah yang bisa kamu lakukan, Millens.

1.       Perhatikan ventilasi di rumahmu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk membasmi rayap di rumah dan mencegahnya datang adalah dengan memastikan ventilasi di rumahmu terjaga dengan baik. Saat cahaya matahari bisa memasuki rumah, bukalah pintu dan jendela selebar-lebarnya demi membuat kelembapan udara di dalam rumah berkurang.

2.       Beri jarak di antara furnitur dengan dinding

Furniture rentan terkena rayap jika ditempatkan terlalu mepet dengan dinding. (Dekoruma)
Furniture rentan terkena rayap jika ditempatkan terlalu mepet dengan dinding. (Dekoruma)

Hal berikut yang bisa kamu lakukan untuk membasmi rayap di rumah adalah dengan memberikan jarak di antara furnitur dan dinding. Soalnya, dinding punya suhu yang lebih rendah dan jika ditempeli furnitur, dikhawatirkan akan membuat furnitur jadi tempat yang cocok untuk rayap untuk berkembang biak. Dengan memberikan jarak, setidaknya kamu bisa memastikan furniture-nya aman dari rayap, deh.

3.       Gunakan kapur barus

Banyak orang yang nggak menyadari kalau kapur barus ternyata nggak disukai rayap. Baunya yang menyengat nggak disukai serangga tersebut sehingga jika kamu menempatkannya di dekat furnitur atau benda-benda yang rentan digerogoti rayap lainnya, maka benda-benda tersebut bakal aman dari serangan rayap, deh.

Selain rayap, kapur barus juga nggak disukai kecoak. Jadi, dengan menempatkannya di sejumlah tempat di rumah, kamu juga bakal terbebas dari serangga jorok tersebut.

4.       Gunakan air cucian beras

Setelah kamu mencuci beras, jangan buang airnya ya. Simpan ke dalam botol penyemprot. Kamu bisa menyemprotkan air cucian beras ke tempat-tempat yang dianggap rentan terkena rayap. Dijamin, serangga itu nggak bakal menyerang tempat-tempat yang kamu semprot tersebut.

5.       Gunakan gel silika

Dengan menempatkan gel silika di tempat di mana kamu menyimpan buku, baju, atau dokumen penting, maka wadah tempat kamu menyimpan benda tersebut nggak lembap dan akhirnya mencegah rayap datang menyerang.

Nah, dengan melakukan hal-hal tersebut, kamu pun bisa membasmi rayap di rumah, Millens. Selamat mencoba, ya! (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved