Sebenarnya, Ibu Hamil Boleh Minum Kopi Nggak, Sih?

Sebenarnya, Ibu Hamil Boleh Minum Kopi Nggak, Sih?
Apakah ibu hamil boleh minum kopi? (Flickr/ Nenad Stojkovic)

Benarkah ibu hamil nggak boleh minum kopi? Padahal, kopi dikenal sebagai minuman yang nikmat dan sehat. Hm, gimana ya pendapat pakar kesehatan terkait hal ini?

Inibaru.id – Kopi masih menjadi salah satu minuman yang paling digemari umat manusia. Laki-laki, perempuan, remaja, hingga orang tua menyukainya. Tapi apakah ibu hamil boleh minum kopi?

Banyak ibu hamil yang mengalami dilema terkait dengan makanan atau minuman apa yang boleh atau nggak boleh mereka konsumsi selama mengandung. Nah, kopi jadi salah satu hal yang menyebabkannya. Soalnya, banyak orang yang menyebut ibu hamil nggak boleh minum kopi.

Bagaimana nggak, kopi memang bisa membuat siapa saja kecanduan. Kalau ada orang yang terbiasa meminumnya untuk menambah semangat beraktivitas, namun kemudian harus berhenti meminumnya karena hamil. Hal ini tentu bisa memicu kegelisahan, bukan?

Nah, pakar kesehatan dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) punya pendapat terkait hal ini. Jadi, kalau menurut mereka, ibu hamil memang harus membatasi asupan kafein harian. Hanya, bukan berarti mereka nggak boleh mengonsumsi kafein.

Jadi ya, ACOG merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi kafein maksimal 200 mg per hari lo. Hitungan ini nggak hanya untuk kopi, melainkan untuk makanan-makanan yang mengandung kafein seperti cokelat. Meski begitu, kalau ibu hamil minum kopi, jumlah kafein ini bisa didapatkan dalam kopi dengan ukuran 350 ml atau sekitar satu gelas saja deh.

Ibu hamil nggak boleh sembarangan minum kopi. (Flickr/

Nenad Stojkovic)
Ibu hamil nggak boleh sembarangan minum kopi. (Flickr/ Nenad Stojkovic)

Meski begitu, karena ada banyak jenis kopi di pasaran, kamu juga harus cermat, Millens. Contohlah begini, kalau minum kopi instan satu cangkir, kafeinnya bisa mencapai 100 mg. Kalau kopi saring, jumlah kafeinnya dalam secangkir sekitar 140 mg. Bisa kamu hitung sendiri, deh.

Omong-omong, selain kopi, kafein juga bisa ditemukan dalam minuman lain seperti minuman bersoda, the, hingga minuman energi. Hitungannya gini, Millens. Kalau kamu minum teh secangkir, bakal mendapatkan kafein 45 mg. Kalau minum soda segelas, bakal mendapatkan kafein 40 mg. Kalau minum minuman energi sebanyak 250 ml, maka bakal mendapatkan 80 mg kafein.

Kalau ibu hamil mengonsumsi kafein terlalu banyak, dikhawatirkan akan mengalami sejumlah masalah. Sebagai contoh, usai lahir, bisa jadi mereka mengalami gangguan tidur selama tiga bulan pertama usianya. Padahal, tidur sangatlah penting bagi perkembangan dan pertumbuhan bayi yang baru lahir.

Nggak hanya bagi bayi, bagi ibu hamil pun, konsumsi kopi bisa saja mempengaruhi kondisi kesehatannya. Kalau sampai mereka mengalami masalah kekurangan zat besi, sebaiknya menghentikan asupan kopi.

Jadi, soal apakah ibu hamil boleh minum kopi atau nggak, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan dulu deh. Kalau kondisi memungkinkan, secangkir sehari biasanya masih aman. Tapi, kalau dokter sudah bilang nggak, sebaiknya patuhi saja, deh. Demi sang bayi. (Kom/IB09/E05)