Sebaiknya Nggak Pakai Celana Pendek saat Naik Pesawat

Sebaiknya Nggak Pakai Celana Pendek saat Naik Pesawat
Jangan pakai celana pendek saat naik pesawat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Naik pesawat, khususnya penerbangan jarak pendek sering dianggap sebagai hal yang santai untuk dilakukan. Penumpang pun bisa memakai baju santai atau celana pendek. Padahal, sebaiknya nggak pakai celana pendek saat naik pesawat. Apa alasannya?

Inibaru.id – Beda dengan di zaman dahulu, naik pesawat seperti menjadi hal yang biasa dilakukan di masa sekarang. Harga tiket yang murah, beragamnya pilihan maskapai, hingga tersedianya berbagai rute menjadi alasannya. Tapi, kamu tahu nggak kalau saat naik pesawat sebaiknya nggak pakai celana pendek?

Eh ini beneran lo, Millens. Banyak orang yang naik pesawat dengan celana pendek. Biasanya sih di penerbangan-penerbangan pendek. Contohlah, dari Yogyakarta ke Jakarta atau sebaliknya yang nggak butuh waktu sampai 1 jam, pakaian santai seperti kaos oblong, sandal jepit, atau celana pendek menjadi hal yang bakal lazim kamu lihat di dalam kabin pesawat.

Selain itu, naik pesawat juga nggak ada keharusan memakai pakaian resmi atau rapi, bukan? Ya namanya juga alat transportasi. Kalau bukan karena terbang di udara saja, sebenarnya pesawat juga sama saja fungsinya dengan bus atau kereta, api, bukan?

Omong-omong, soal saran nggak memakai celana pendek kalau naik pesawat, yang mengungkapnya malah dari pihak pramugari, Millens. Mereka adalah orang-orang yang profesinya di dalam pesawat sehingga benar-benar tahu tentang mana yang baik dan mana yang nggak baik saat menggunakan alat transportasi ini.

Sang pramugari adalah Tommy Cimato yang punya pengikut 126 ribu di TikTok. Nah, di media sosial ini, dia berpesan kepada siapa saja untuk nggak tiduran bersandar ke jendela serta nggak memakai celana pendek saat naik pesawat.

Jangan tiduran bersandar di jendela saat naik pesawat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Jangan tiduran bersandar di jendela saat naik pesawat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Soal tidur bersandar ke jendela, sebenarnya hal ini banyak dilakukan ya. Bahkan, kursi dekat jendela seringkali jadi rebutan. Maklum, kamu bisa melihat pemandangan luar yang indah dari situ. Hanya, Tommy dengan tegas melarang kamu untuk nggak tiduran sembari bersandar di jendela.

Alasannya? Karena tempat itu sangat kotor. Jadi, jendela ini disentuh banyak sekali orang sebelumnya. Selain kotor, bisa jadi jendela itu penuh dengan kuman, kutu, dan berbagai hal buruk lainnya.

“Anda tidak tahu berapa banyak orang atau anak-anak yang telah menyeka tangan mereka atau hal-hal lain di seluruh jendela,”ungkapnya, Rabu (12/10/2021).

Kalau kamu sudah membersihkannya dengan tisu basah dengan menyeluruh, boleh deh kalau mau tidur bersandar di jendela sembari menikmati pemandangan.

Lantas, bagaimana dengan anjuran nggak memakai celana pendek? Kalau soal ini alasannya juga mirip. Kamu nggak tahu kan kursi itu telah diduduki siapa saja sebelumnya. Belum jelas juga apakah kondisi kursi itu kotor, penuh kuman, atau bahkan memiliki kutu atau nggak.

Kalau memakai celana pendek, otomatis kulit kamu terpapar langsung dengan berbagai hal-hal nggak baik tersebut. Bisa jadi kamu bakal mengalami gatal-gatal atau hal nggak menyenangkan lainnya, deh.

Jadi, sebaiknya nggak pakai celana pendek saat naik pesawat, ya? Pakai saja celana panjang yang lebih aman, Millens.(Oke/IB09/E05)