inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Sayuran Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol
Rabu, 26 Apr 2023 11:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Salah satu cara menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi sayuran-sayuran. (Honesdocs)

Salah satu cara menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi sayuran-sayuran. (Honesdocs)

Sejumlah sayuran ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh. Kamu mau tahu sayuran apa saja itu?

Inibaru.id- Salah satu masalah kesehatan yang paling ditakuti banyak orang adalah kolesterol tinggi. Bagaimana nggak, sudah banyak orang yang meregang nyawa di usia muda karena penyakit yang satu ini. Kondisi ini seringkali muncul akibat gaya hidup yang nggak sehat seperti kurang istirahat, sering mengalami stres, hingga pola makan yang buruk.

Kita bisa mengatasi masalah kolesterol tinggi jika mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sayuran-sayuran sehat yang bisa menurunkan kolesterol.

Nah, berikut adalah sejumlah sayuran terbaik untuk menurunkan kolesterol sebagaimana dilansir dari Fimela, Sabtu (15/4/2023).

1. Sayur Bayam

Salah satu sayur yang paling mudah didapatkan di Indonesia dengan harga terjangkau ini ternyata punya manfaat kesehatan yang besar, lo. Selain tinggi nutrisi sehat, rutin mengonsumsi bayam dipercaya bisa membantu tubuh menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan oleh kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Bayam juga kaya akan vitamin dan mineral yang bisa membuat tubuh semakin sehat dan kuat. Oleh karena itulah, kamu sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi sayuran ini.

2. Terong

Terong bisa menurunkan kolesterol. (Grid/Furbymama)
Terong bisa menurunkan kolesterol. (Grid/Furbymama)

Layaknya bayam, terong mudah didapatkan di sekitar kita. Selain dengan membelinya di tukang sayur, warung, pasar, atau swalayan terdekat, kamu juga bisa menanamnya sendiri. Di balik harganya yang terjangkau, terong juga kaya akan manfaat kesehatan karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Meski begitu, kamu harus cermat dalam mengolahnya. Kalau kamu menggorengnya, maka terong juga akan memiliki kadar kolesterol yang nggak baik untuk tubuh.

3. Brokoli

Sayuran dengan bentuk mirip seperti pohon berukuran mini ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara maksimal, lebih baik kamu mengonsumsi brokoli rebus atau jus brokoli. Selain itu, brokoli juga bisa kamu jadikan salad.

O ya, meski enak, sebaiknya brokoli nggak digoreng ya karena akan membuatnya memiliki kadar kolesterol jahat. Mengonsumsinya malah semakin memperburuk masalah kolesterol dalam tubuh, deh.

4. Wortel

Sayuran yang kaya akan vitamin A dan baik untuk kesehatan mata ini ternyata juga bisa membantumu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Soalnya, kandungan serat dan antioksidan sayuran dengan warna jingga ini cukup tinggi. Lebih dari itu, kadar vitamin A dan C di dalamnya yang besar bisa membuat sistem imun tubuhmu jadi lebih kuat.

Dengan rutin mengonsumsi sayuran-sayuran tersebut, kadar kolesterol bisa ditekan dan kamu jadi lebih sehat deh, Millens. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved