inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Sangat Sulit Bangun Sahur? Coba Trik Ini!
Kamis, 23 Mar 2023 20:33
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Bangun untuk sahur bagi sebagian orang merupakan tantangan. (Pexels/Ketut Subiyanto)

Bangun untuk sahur bagi sebagian orang merupakan tantangan. (Pexels/Ketut Subiyanto)

Bangun dan makan sahur adalah aktivitas yang gampang-gampang susah bagi sebagian orang. Lalu bagaimana cara agar bangun sahur dengan mudah?

Inibaru.id – Makan sahur memang bukan menjadi hal yang mudah bagi beberapa orang. Maklum, tubuh belum bisa terbiasa untuk bangun dan makan pada jam-jam tersebut. Tapi, jangan jadikan alasan susah bangun untuk melewatkan sahur ya.

Di dalam sahur ada keberkahan. Selain itu, makan di waktu sahur menjadi bekal energi untuk menjalankan rutinitas seharian hingga magrib nanti.

Buat kamu yang harus berjuang keras untuk bangun, berikut ini beberapa tips untuk kamu ikuti.

1.       Setel alarm di ponsel atau jam alarm

Pastikan alarm tersebut cukup keras dan letakkan ponsel atau jam alarm di tempat yang cukup jauh dari tempat tidur kamu. Tujuannya, kamu akan bangun untuk mematikan alarm tersebut.

2.       Atur jadwal tidur

Pastikan kamu tidur cukup untuk memulihkan energi tubuh. Usahakan untuk tidur lebih awal dan hindari begadang terutama pada malam sebelumnya.

3.       Minum air putih sebelum tidur

Minum segelas air putih sebelum tidur dapat membantu meningkatkan energi tubuh dan membantu mempercepat proses metabolisme saat bangun tidur.

4.       Buat persiapan makanan

Siapkan makanan sahur sebelumnya atau persiapkan bahan-bahan yang akan kamu gunakan di pagi hari, sehingga kamu dapat menyiapkannya dengan cepat dan mudah saat bangun tidur.

5.       Hindari makanan atau minuman berkafein

Makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat membuat kamu sulit tidur dan sulit bangun di pagi hari.

6.       Motivasi diri sendiri

Ingatlah bahwa sahur adalah salah satu sunah yang dianjurkan bagi umat muslim dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi cobalah untuk memotivasi diri sendiri dan fokus pada tujuan kamu untuk bangun sahur.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, diharapkan kamu dapat lebih mudah untuk bangun sahur. Tapi apa sih akibatnya kalau melewatkan waktu makan sahur?

Dampak melewatkan sahur

Lemas dan mengantuk adalah dampak melewatkan sahur. (via aktual)
Lemas dan mengantuk adalah dampak melewatkan sahur. (via aktual)

Tahukah kamu sering melewatkan sahur nggak baik bagi kesehatan tubuh dan dapat berdampak pada kinerja dan produktivitas sepanjang hari?

Sahur adalah waktu makan penting bagi orang yang menjalankan ibadah puasa, karena makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur memberikan energi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa. Melewatkan sahur dapat membuat kamu merasa lemas, lelah, dan tidak bersemangat sehingga mungkin sulit untuk beraktivitas sepanjang hari.

Selain itu, melewatkan sahur dapat memperlambat metabolisme tubuh dan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Ini dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan dapat memicu masalah kesehatan seperti sakit kepala, pusing, dan gangguan pencernaan.

Dengan demikian, sebaiknya nggak melewatkan sahur agar kamu dapat menjalankan ibadah puasa dengan optimal dan menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan.

Ayuk ah biasakan diri untuk bangun dan makan sahur pada waktunya. (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved