inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Rujak dan Asinan Masuk 10 Besar Salad Buah Terenak di Dunia
Rabu, 5 Jun 2024 14:06
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Rujak ada di peringkat kedua daftar salad buah terenak di dunia. (Taste Atlas)

Rujak ada di peringkat kedua daftar salad buah terenak di dunia. (Taste Atlas)

Dari 17 salad buah terenak di dunia versi Taste Atlas, 5 kuliner Indonesia masuk dalam daftar tersebut. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Kalau soal makanan, orang Indonesia boleh berbangga. Banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia dan terpesona dengan kelezatan kuliner Indonesia. Bahkan, belakangan ini rujak dan asinan masuk dalam daftar 10 besar salad buah terenak di dunia, lo.

Pihak yang membuat daftar berjudul Best Fruit Salad in the World 2024 ini adalah Taste Atlas, media yang memang membahas tentang dunia kuliner dari seluruh dunia. Nah, pada daftar yang diterbitkan pada Rabu (15/5/2024) lalu itu, ada 17 salad buah yang masuk dalam daftar tersebut.

Asal kamu tahu saja, dalam membuat daftar tersebut, Taste Atlas nggak asal-asalan dan benar-benar menilainya berdasarkan dengan rasa, keunikan, atau nilai lebih pada salad-salad buah yang dicoba. Hasilnya, dari total 17 salad buah tersebut, 5 hidangan khas Indonesia masuk daftar, lo.

Khusus untuk rujak, hidangan ini ada di peringkat kedua di bawah salad Bionik yang berasal dari Meksiko. Meski rujak khas Indonesia penampilannya cukup sederhana, Taste Atlas menganggapnya sebagai hal yang luar biasa karena di balik kesederhanannya, justru menawarkan rasa yang luar biasa.

Buah-buahan yang bisa dimasukkan ke dalam rujak adalah jambu, nanas, kedondong, papaya, mangga mentah, bengkuang, dan lain-lain. Buah-buahan ini kemudian dicocol di sambal kacang yang nggak ada duanya di dunia. Rating dari camilan sehat ini di Taste Atlas mencapai 4,1 dari 5 bintang, lo. Tinggi, kan?

Asinan masuk 5 besar salad terenak di dunia. (Taste Atlas)
Asinan masuk 5 besar salad terenak di dunia. (Taste Atlas)

Khusus untuk asinan, ada di peringkat ke lima dengan rating 3,4 dari 5 bintang. Asal kamu tahu saja, penganan ini bisa dibagi menjadi dua, yaitu asinan buah yang dipercaya berasal dari Ibu Kota, dan asinan sayur yang diyakini berasal dari Bogor, Jawa Barat. Asinan bisa disajikan dengan saus kacang yang manis dan pedas dan dimakan bersamaan dengan kerupuk atau mi.

Tiga jenis kuliner khas Indonesia lain yang masuk daftar 17 salad buah terbaik di dunia versi Taste Atlas adalah rujak petis yang ada di peringkat 11, rujak cuka di peringkat 12, dan rujak tumbuk yang ada di peringkat ke-13.

Rujak petis sekilas mirip rujak cingur khas Jawa Timur namun nggak disertai dengan daging. Biasanya sih, isian rujak petis adalah irisan mangga, mentimun, tahu, kedondong, bengkuang, dan kangkung. Bahan-bahan ini disiram dengan kuah kental petis.

Sementara itu, rujak cuka khas Jawa Barat terbuat dari mangga mentah, nanas, kubis, bengkuang, mentimun, dan tauge yang disiram dengan cuka. Khusus untuk rujak tumbuk, buah-buahan yang biasa dijadikan rujak sederhana dihaluskan dan baru diberi saus khusus dari gula kelapa, cabai, cabai, garam, dan terasi.

Keren banget ya rujak dan asinan bisa masuk daftar salad buah terenak di dunia? Apakah kamu sering memakannya, Millens? (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved