Ratu Elizabeth II dan Ketertarikannya pada Keindahan Alam Pulau Bali

Ratu Elizabeth II dan Ketertarikannya pada Keindahan Alam Pulau Bali
Sepeninggalan Ratu Elizabeth II, kepemimpinan Kerajaan Inggris Raya akan diambil alih oleh putra mahkota Pangeran Charles. (Media Indonesia/AFP/Steve Reigate)

Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat di usia 96 tahun. Dia meningal setelah 70 tahun memimpin Kerajaan Inggris Raya.

Inibaru.id – Beberapa bulan sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada 8 Mei 1945, masyarakat Inggris merayakan "Victory in Europe Day" atau "Hari Kemenangan Eropa". Elizabeth muda yang baru berusia 19 tahun bersama dengan saudaranya, Margaret, ikut turun ke jalan untuk merayakan kekalahan Nazi Jerman yang menandai berakhirnya perang yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Orang tuanya yang saat itu berstatus sebagai Raja Inggris, yaitu Raja George VI, sebenarnya khawatir dengan keputusan Elizabeth untuk ikut turun ke jalan. Dia nggak ingin ada warga Inggris yang mengenali putrinya. Tapi, Elizabeth nggak peduli. Dia ingin larut dalam kebahagiaan warga Inggris yang mulai melihat masa depan yang cerah.

“Aku sebenarnya juga khawatir kalau saja ada yang mengenali kami. Aku masih ingat betul, masyarakat Inggris bergandengan tangan dan berjalan bersama meski mereka tidak saling kenal di Whitehall. Semuanya terlihat tersenyum lega dan bahagia,” kenangnya dalam sebuah wawancara.

Elizabeth muda saat itu mungkin tidak menyadari bahwa berakhirnya Perang Dunia II memberikan efek domino yang sangat besar di seluruh dunia, termasuk dalam hal kemerdekaan Indonesia.

Tujuh tahun setelahnya, di usia yang baru 26 tahun, Elizabeth naik tahta menjadi Ratu Inggris Raya. Dia mendapatkan nama resmi Ratu Elizabeth II dan menjadi salah seorang yang paling berpengaruh di dunia.

Selain masa pendudukan singkat Inggris di Nusantara, dari 1811 sampai 1816 di bawah masa kepemimpinan Thomas Stamford Raffles, nggak banyak relasi sejarah antara kedua negara termasuk dengan keluarga kerajaan. Tapi, ada satu cerita unik tentang kunjungan Ratu Elizabeth II di Indonesia pada 1974.

Ratu Eizabeth II saat berkunjung ke Bali. (YouTube/Ryan P)
Ratu Eizabeth II saat berkunjung ke Bali. (YouTube/Ryan P)

Dalam kunjungan yang berlangsung sepekan, tepatnya 15 sampai 22 Maret 1974 tersebut, Ratu Elizabeth II datang bersama sang suami, Pangeran Phillip. Mereka berkunjung ke dua tempat, yaitu Ibu Kota Jakarta dan Bali. Kapal pesiar yang menjadi kendaraan ratu kala itu sempat bikin heboh masyarakat Tanah Air. Maklum, saat itu, kapal pesiar masih tergolong sebagai hal yang langka.

Awalnya, Ratu Elizabeth II tiba dengan pesawat terbang di Jakarta. Begitu tiba di Bandara, dia dan rombongan disambut oleh Gubernur Jakarta saat itu Ali Sadikin. Pada malam harinya, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip hadir dalam jamuan kenegaraan bersama dengan Presiden Soeharto dan Ibu Tien.

Dilansir dari Kompas, Jumat (9/9/2022), setelah melakukan kunjungan resmi, Ratu Elizabeth II pun bertandang ke Bali dengan menggunakan kapal pesiar Britannia. Selama beberapa hari, Ratu Elizabeth II menikmati keindahan budaya dan alam di Pulau Dewata. Ratu juga berkesempatan untuk beristirahat di Istana Tampaksiring, Gianyar, Bali.

Ratu Elizabeth II wafat di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. Sepeninggalnya, kepemimpinan Kerajaan Inggris Raya akan diambil alih oleh putra mahkota Pangeran Charles.

Kini ratu yang penuh wibawa kebanggaan warga Inggris itu telah tiada. Seluruh dunia juga menyampaikan rasa bela sungkawa atas berita duka ini. Selamat beristirahat, Ratu Elizabeth II! (Arie Widodo/E10)