inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Polda Jateng Kirim Tim Trauma Healing untuk Anak-Anak Korban Gempa Batang
Senin, 8 Jul 2024 16:54
Bagikan:
Polda Jateng mengirimkan tim trauma healing bersama bantuan bahan makanan dan 1.000 sak semen untuk korban gempa bumi di Kabupaten Batang. (Istimewa)

Polda Jateng mengirimkan tim trauma healing bersama bantuan bahan makanan dan 1.000 sak semen untuk korban gempa bumi di Kabupaten Batang. (Istimewa)

Selain tim trauma healing untuk anak-anak korban gempa Batang, Polda Jateng juga mendirikan dapur umum dan mengirimkan berbagai bantuan untuk perbaikan rumah.

Inibaru.id - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah mengirimkan tim trauma healing untuk anak-anak korban bencana gempa bumi di Desa Lebo, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Senin (8/7/2024). Selain itu, mereka juga memberikan sejumlah bantuan dan mendirikan dapur umum.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, bantuan tersebut dipastikan sampai ke para korban. Hal itu diungkapkannya saat meninjau lokasi paling terdampak di Kabupaten Batang. Bekerja sama dengan stakeholder di Batang, pihaknya juga akan memperbaiki rumah korban.

"Kami siapkan dapur umum melalui Bromob, termasuk bantuan 1.000 sak semen untuk perbaikan rumah rusak yang komandannya Plt BPBD Batang," paparnya.

"Terus, kami juga menyediakan tim trauma healing agar anak-anak yang terdampak gempa tidak mengalami trauma," lanjut Luthfi.

Status Gawat Darurat

Reruntuhan rumah akibat gempa bumi yang melanda Kabupaten Batang, Minggu (7/7). (Istimewa)
Reruntuhan rumah akibat gempa bumi yang melanda Kabupaten Batang, Minggu (7/7). (Istimewa)

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki telah menetapkan status gawat darurat pascagempa 4,6 MG yang mengguncang sebagian wilayah di kota yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Kota Semarang tersebut.

Penetapan status ini berlaku antara satu hingga dua minggu, mengingat hingga kini dampak gempa tektonik dangkal yang disebabkan oleh sesar aktif sedalam 10 kilometer di bawah permukaan tanah ini telah mengakibatkan sekurangnya 49 rumah mengalami kerusakan.

"Secara rinci, berdasarkan laporan di lapangan, kurang lebih 32 rumah mengalami rusak ringan, 12 rusak sedang, dan lima rusak berat," terang Lani.

Menurutnya, jumlah rumah yang rusak tersebut belum final, bisa saja bertambah, karena hingga hari ini, Senin (8/7), proses pendataan masih terus dilakukan oleh tim dari BPBD, TNI, Polri, serta para sukarelawan.

Turut berduka cita untuk masyarakat Kabupaten Batang. Semoga proses perbaikan berlangsung lancar dan bantuan tersampaikan sepenuhnya, ya! (Danny Adriadhi/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved