inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Pepero Day, Hari Kasih Sayang di Korea Selatan yang Jatuh pada 11 November
Sabtu, 9 Sep 2023 17:00
Penulis:
Bagikan:
Pepero Day, hari kasih sayang ala Korea yang dirayakan pada 11 November. (Twitter/seonmersprout)

Pepero Day, hari kasih sayang ala Korea yang dirayakan pada 11 November. (Twitter/seonmersprout)

Hari Kasih Sayang acap disamakan dengan Valentine's Day yang jatuh pada 14 Februari. Namun, di Korea Selatan, perayaan penuh cinta itu jatuh pada 11 November, yang disebut sebagai Pepero Day.

Inibaru.id – Sebagian besar warga dunia terbiasa merayakan Hari Kasih Sayang pada 14 Februari, yang disebut sebagai Valentine's Day. Namun, di Korea Selatan, kamu bakal menemukan perayaan semacam itu yang justru jatuh pada 11 November. Mereka menyebutnya Pepero Day atau Hari Pepero.

Bukan, Pepero Day nggak berasal dari cerita legenda atau sejarah tertentu laiknya Hari Valentine. Nama ini diambil dari sebuah jenama camilan stik coklat populer di Korsel. Mereka memilih 11 November sebagai waktu perayaan karena tanggal tersebut (11/11) berbentuk seperti stik.

Oya, untuk yang belum tahu, stik coklat Pepero sudah ada sejak 1983. Pada tahun itu pula Pepero Day mulai dikenal masyarakat, seiring dengan melesatnya popularitas biskuit buatan Lotte Confectionary Corporation di kalangan anak muda.

Istilah Pepero Day diyakini muncul setelah ada dua gadis SMP di Yeongnam bertukar Pepero dan berdoa agar tubuh mereka bisa langsing layaknya camilan tersebut. Agar terkabul, mereka melakukan ritual makan 11 batang pepero pada 11 November pukul 11.11 siang dam malam dalam 11 detik.

Media Promosi

Tempat perbelanjaan di Korea jelang Pepero Day. (Wanderingon)
Tempat perbelanjaan di Korea jelang Pepero Day. (Wanderingon)

Ritual dua gadis SMP itu rupanya tersebar dengan cepat di kalangan anak muda di Korsel. Lotte yang menyadari kepopuleran ini pun memaksimalkannya dengan melakukan promosi Pepero Day dan mengajak semua orang bertukar Pepero ke orang terkasih pada 11 November 1997.

Nggak disangka, promosi ini sukses besar. Anak muda Korea menganggap ide itu sangat menarik. Nggak lama, menghadiahi kotak Pepero sebagai bentuk cinta ke orang yang ditaksir, anggota keluarga, bahkan teman sekelas dan guru, menjadi hal lumrah di Korsel.

Berkat keberhasilan promosi ini, pada 2012 Lotte melaporkan, sebanyak 50 persen penjualan tahunan Pepero didapatkan dari Pepero Day. Banyak minimarket yang sengaja menambah stok Pepero yang dibentuk buket pada Pepero Day karena yakin bakal dicari anak muda.

Benar-benar perayaan yang menarik ya, Millens? Kalau kebetulan sedang jalan-jalan ke Korea, nggak ada salahnya membeli stik coklat ini untuk orang terkasih di rumah, ya! (Arie Widodo/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved