inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Pedagang-Pedagang yang Bisa Kamu Lihat Saat Jalanan Macet Parah
Minggu, 30 Apr 2023 08:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Pedagang yang muncul saat jalanan macet parah. (Tribunnews/Muhammad Irfani)

Pedagang yang muncul saat jalanan macet parah. (Tribunnews/Muhammad Irfani)

Saat jalanan macet parah, kamu pasti akan melihat kehadiran sejumlah pedagang-pedagang berikut ini. Mereka menjajakan penganan atau minuman yang bisa jadi dibutuhkan orang-orang di dalam kendaraan yang terjebak macet.

Inibaru.id – Para pedagang keliling di Indonesia sepertinya punya kemampuan unik untuk mendeteksi keramaian. Mereka bisa muncul secara tiba-tiba saat ada hajatan meskipun nggak mendapatkan undangan. Terkadang, para pedagang ini juga secara mendadak muncul saat jalanan mengalami kemacetan.

Soal jalanan macet, penyebabnya banyak ya, Millens. Perbaikan jalan, terjadinya kecelakaan atau kendaraan mogok, hingga volume kendaraan yang melonjak drastis sebagaimana saat arus mudik Lebaran bisa jadi pemicunya.

Yang menarik, saat kemacetan berlangsung sangat parah, biasanya ada sejumlah pedagang yang muncul untuk menjajakan jualannya.

Nah, berikut adalah sejumlah pedagang yang pasti kamu temui saat jalanan mengalami kemacetan parah sebagaimana dikutip dari Qraved (14/2/2017) dan Otosia (11/4/2018).

Penjual bakpao

Penjual bakpao bisa ditemui saat jalanan macet. (Detik)
Penjual bakpao bisa ditemui saat jalanan macet. (Detik)

Sebagian besar penjual bakpao menjajakan dagangannya dengan menggunakan gerobak dan berkeliling. Tapi, khusus untuk pedagang bakpao yang muncul di kemacetan, biasanya memakai wadah berukuran besar dan terbuat dari logam. Wadah tersebut dipanggul di atas bahu.

Biasanya, harga bakpao yang dijajakan cukup terjangkau. Varian rasa yang tersedia juga cukup banyak seperti cokelat, kacang hijau, dan ayam. Kalau kamu yang sedang di dalam kendaraan merasa lapar dan butuh makanan yang mengenyangkan, keberadaan penjual bakpao ini tentu terlihat seperti penyelamat.

Pedagang minuman kemasan

Pedagang minuman bisa ditemui saat jalanan macet. (Savirari/Sisilia Gulfani Putri)
Pedagang minuman bisa ditemui saat jalanan macet. (Savirari/Sisilia Gulfani Putri)

Nggak hanya bakal kamu temui di terminal bus atau pasar, pedagang minuman kemasan biasanya juga hadir saat jalanan mengalami kemacetan parah. Kalau kamu kebetulan nggak bawa minuman atau sudah kehabisan air, tentu bisa membeli air dari para pedagang ini agar nggak kehausan.

O ya, para pedagang minuman kemasan ini biasanya menjajakan dagangannya dengan cara yang unik, yaitu dengan mengucapkan sebagian jenama minuman kemasan yang mereka jual. Ada yang berupa air mineral, minuman bersoda, teh botol, atau minuman dengan rasa buah.

Pedagang tahu

Penjual tahu di jalanan. (Gerak-nafas.blogspot.com)
Penjual tahu di jalanan. (Gerak-nafas.blogspot.com)

Pedagang tahu juga bisa kamu temui di jalanan yang sedang macet. Biasanya sih merek membawa tahu yang sudah dibungkus dengan plastik dan ditumpuk sedemikian rupa agar bisa dibawa dalam jumlah banyak.

Seringkali, tahu yang dijual adalah yang berjenis tahu sumedang dengan rasa yang asin dan kopong pada bagian tengah. Pada setiap kemasan tahu, biasanya sudah dilengkapi dengan cabai hijau.

Pedagang lemper

Pedagang lemper di kemacetan. (Qraved)
Pedagang lemper di kemacetan. (Qraved)

Lemper adalah salah satu penganan yang unik. Meski terbuat dari nasi yang berisi lauk, ukurannya yang kecil membuatnya nggak cukup untuk dianggap sebagai makanan berat. Tapi, kalau dikonsumsi sebagai pengganjal perut saat lapar, jelas cocok.

Oleh karena itulah, banyak pedagang lemper yang bisa mendadak muncul saat jalanan macet. Mereka yakin banyak pengguna kendaraan yang kelaparan saat macet dan membeli dagangannya.

Biasanya, siapa nih pedagang yang bakal kamu beli jika jalanan macet, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved