Patuhi Aturan Tak Tertulis Ini untuk Hindari Cekcok di Pesawat ala Arteria vs Anggiat

Patuhi Aturan Tak Tertulis Ini untuk Hindari Cekcok di Pesawat ala Arteria vs Anggiat
Kasus Arteria vs Anggiat, disebabkan oleh cekcok di bandara saat akan naik pesawat. Nah, ada lo cara biar hal ini nggak sampai terjadi. (PMJ News)

Cekcok Arteria vs Anggiat di bandara sebelum naik pesawat memang sudah selesai. Nah, biar kamu juga nggak sampai mengalaminya, pahami dulu ya aturan naik pesawat berikut ini.

Inibaru.id – Kisruh Arteria vs Anggiat, perempuan kerabat jenderal, di Bandara Soekarno-Hatta berujung permintaan maaf dan dicabutnya laporan pihak Anggiat ke polisi. Bahkan, usai meminta maaf, perempuan bernama lengkap Anggiat Pasaribu sampai jatuh pingsan.

Menurut pengakuannya, saat cekcok dengan anggota Komisi III DPR RI, dia sedang khilaf dan menderita sakit gigi. Dia juga menyesali banyaknya pemberitaan nggak benar terkait dengan dirinya dan keluarganya.

Mengingat kasus ini masih hangat dan jadi pembicaraan banyak orang. Yuk simak aturan nggak tertulis yang sebaiknya kita hormati saat berada di bandara atau pesawat.

Tujuannya, ya biar nggak bikin orang lain kesel atau bahkan memicu kisruh seperti kasus Arteria vs Anggiat, Millens. Apa saja, ya?

1.       Perhatikan Barang yang Kamu Bawa

Kebanyakan penumpang pesawat juga membawa barang, baik itu yang sedikit sehingga bisa masuk ke dalam kabin ataupun yang harus dimasukkan ke dalam bagasi. Semua barang itu harus dicek dulu oleh petugas sebelum masuk ke dalam pesawat.

Biasanya sih ya, benda-benda elektronik, benda cair, hingga benda yang terbuat dari logam bakal diperiksa dengan seksama. Kamu harus tahu aturan mana barang yang boleh masuk ke dalam bagasi dan mana yang nggak. Jika ada pertanyaan dari petugas soal barang yang kamu bawa, jawab dengan jujur ya!

Jangan membawa barang terlalu banyak di kabin. Biasanya sih, kamu baru diperbolehkan membawa barang yang sekiranya bisa masuk di bagasi di atas kursi atau barang yang bisa kamu jinjing. Ingat, ya, kalau kamu terlalu banyak membawa barang, bisa mengganggu orang lain atau bahkan merampas hak tempat menyimpan barang orang lain. Hal ini bisa memicu keributan, deh.

Ada aturan nggak tertulis yang harus dipatuhi saat naik pesawat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ada aturan nggak tertulis yang harus dipatuhi saat naik pesawat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

2.       Hargai Penumpang Lain di Dalam Pesawat

Ingat ya, meski kamu sudah membayar tiket, kamu harus menghargai orang lain yang juga sudah membayarnya. Kursimu, area di sekitar kakimu, dan tempat penyimpanan barang di atas bangku adalah hakmu. Jadi, jangan lampaui batas itu dan merampas hak orang lain di sana.

Contohnya nih, kamu juga jangan sembarangan merebahkan dudukan kursi yang bisa membuat orang di belakangmu merasa sempit, ya?

Bahkan, jika perlu, jangan sembarangan bolak-balik ke toilet jika memang nggak perlu, apalagi jika kamu harus meminta izin untuk lewat orang yang duduknya di pinggir. Bisa bikin mereka nggak nyaman lo.

Saat di toilet, sebaiknya juga jangan terlalu lama. Kamu juga harus menjaga kebersihannya. Ingat, orang lain juga membutuhkannya, ya!

3.       Kalau Pesawat Belum Selesai Landing, Jangan Berdiri Apalagi Rebutan Ke Pintu Keluar

Kamu nggak sedang naik bus, Millens. Meski pesawat sudah ‘menempelkan’ roda di landasan bandara, kamu harus tetap duduk dan memakai sabuk pengaman sampai pesawat sudah benar-benar berhenti ya. Jangan berdiri saat pesawat belum benar-benar selesai landing, apalagi malah mau adu cepat pergi ke pintu keluar.

Biar nggak ruwet, kamu sebaiknya menunggu penumpang yang dekat dengan pintu dulu yang keluar, Millens. Tunggu saja giliranmu ya. Jadi, semua nyaman, deh.

Nah, sudah tahu kan aturan nggak tertulis apa saja yang sebaiknya kamu patuhi saat naik pesawat? (Sua,Fim,Cnn/IB09/E05)