inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Pasrah Melihat Masa Depan, Gen Z dan Milenial Lebih Memilih Doom Spending
Minggu, 6 Okt 2024 09:41
Penulis:
Bagikan:
Banyak Gen Z dan milenial yang melakukan doom spending. (Soa-edu)

Banyak Gen Z dan milenial yang melakukan doom spending. (Soa-edu)

Daripada khawatir dengan masa depan yang nggak pasti meski sudah menabung, banyak Gen Z dan milenial yang akhirnya doom spending alias belanja semaunya.

Inibaru.id ­– Sudah jadi rahasia umum jika generasi milenial dan Gen Z kesulitan untuk menabung. Alasannya macam-macam dari sulitnya mencari pendapatan yang stabil, menjadi generasi sandwich untuk keluarganya, hingga semakin mahalnya harga barang-barang, termasuk properti rumah dan tanah. Saking sudah pasrahnya melihat berbagai kesulitan ini, pada akhirnya mereka memilih untuk melakukan doom spending.

Memangnya, apa sih doom spending itu? Penjelasannya begini, Millens. Banyak generasi milenial atau gen Z yang mengaku sangat kesulitan untuk membeli rumah. Nggak percaya? Tanyakan ke para pekerja dengan gaji UMR kabupaten di banyak daerah yang kebingungan bagaimana cara untuk membeli rumah yang paling murah Rp200 jutaan.

Nah, karena merasa pasrah dan nggak yakin bisa membeli rumah, akhirnya mereka memilih untuk nggak menabung dan justru membeli hal lain yang bisa menyenangkan mereka. Contoh yang paling jelas, beli tiket konser musikus atau idol K-Pop yang datang ke Indonesia.

Banyak juga yang memilih untuk jalan-jalan ke luar negeri, main ke kafe dengan teman-teman, atau wisata kuliner di banyak tempat. Intinya sih, meski jadi susah menabung, yang penting bisa mendapatkan selt reward gitu.

Banyak anak muda memilih untuk nonton konser meski nggak punya tabungan. (Kompas/Priyambodo)
Banyak anak muda memilih untuk nonton konser meski nggak punya tabungan. (Kompas/Priyambodo)

Hal ini diungkap dalam sebuah survey Sky News yang dipublikasikan oleh Kompas pada Senin (30/9/2024). Dari survei tersebut, terungkap bahwa 35 persen Gen Z dan 43 persen milenial melakukan doom spending. Alasannya sederhana, mereka hanya pengin merasa lebih baik dan bisa merasakan hasil jerih payahnya alih-alih mengkhawatirkan masa depan.

Hal lain yang bikin mereka sering melakukannya adalah gara-gara generasi tersebut kerap aktif di media sosial dan sering melihat berita-berita buruk yang membuat mereka sadar betapa sulitnya masa depan yang akan mereka hadapi. Kalau menurut CNBC, 96 persen penduduk AS merasakannya dan akhirnya memilih untuk menghabiskan 25 persen dari pendapatan bulanannya untuk mengatasi stres tersebut dengan cara melakukan doom spending.

Meski keputusan untuk berbelanja tanpa memikirkan masa depan ini bisa dimengerti karena bisa membuat mereka jadi merasakan hasil jerih payahnya. Tapi yang namanya anak muda tetap saja sebaiknya mampu menyisihkan uang untuk menabung, ya? Soalnya, terkadang kita juga memerlukan sejumlah uang untuk beberapa keperluan yang mendadak dan nggak terencana.

Oleh karena itulah, kalau kamu juga sering melakukan doom spending, ada baiknya mulai menata kembali pengeluaran agar nggak benar-benar habis nggak tersisa setiap bulan. Senang-senang boleh, tapi jangan sampai lupa menabung, Millens, setuju? (Arie Widodo/E05)

Komentar

OSC MEDCOM
inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved