inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Panduan Perlindungan Kulit buat si Aktif; Sunblock atau Sunscreen?
Senin, 25 Mar 2024 13:11
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Mana yang harus dipilih untuk berkegiatan di luar, sunblock atau sunscreen? (iStockphoto)

Mana yang harus dipilih untuk berkegiatan di luar, sunblock atau sunscreen? (iStockphoto)

Sering beraktivitas di luar ruangan tentu membutuhkan perlindungan kulit dari sinar UV. Tapi, baiknya pilih sunblock atau sunscreen?

Inibaru.id - Kegiatan di luar ruangan adalah cara yang menyenangkan untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup. Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat berdampak buruk pada kulit kita. Untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV, penting untuk menggunakan produk perlindungan seperti sunblock atau sunscreen. Tapi, apakah perbedaan keduanya?

Apa Bedanya?

Sunblock dan sunscreen adalah dua jenis produk perlindungan kulit yang dirancang untuk melindungi dari sinar UV. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam cara mereka bekerja.

Sunblock

Sunblock biasanya mengandung bahan-bahan fisik seperti zinc oxide atau titanium dioxide. Mereka menciptakan penghalang fisik di atas kulit yang memantulkan sinar UV sebelum mereka dapat menembus kulit. Sunblock bekerja segera setelah diterapkan dan cocok untuk kulit sensitif.

Sunscreen

Sunscreen, di sisi lain, mengandung bahan kimia seperti avobenzone atau oxybenzone. Mereka bekerja dengan menyerap sinar UV sebelum mencapai lapisan kulit yang lebih dalam. Sunscreen sering kali lebih ringan dan mudah meresap, cocok untuk penggunaan sehari-hari di bawah makeup atau produk perawatan kulit lainnya.

Pemilihan Produk yang Tepat

Pertimbangkan kebutuhan kulitmu. (via haidiva)
Pertimbangkan kebutuhan kulitmu. (via haidiva)

Pemilihan antara sunblock dan sunscreen dapat tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan kulitmu. Berikut adalah beberapa tips untuk membantumu memilih:

1. Pertimbangkan Jenis Kulitmu

Jika kamu memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap iritasi, sunblock mungkin menjadi pilihan yang lebih baik karena tidak menyertakan bahan kimia. Namun, jika kamu mencari produk yang ringan dan mudah meresap, sunscreen mungkin lebih cocok untukmu.

2. Perhatikan SPF

Baik sunblock maupun sunscreen memiliki faktor perlindungan matahari (SPF). Pilihlah SPF yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan tingkat paparan sinar matahari Anda. Semakin tinggi SPF, semakin baik perlindungannya, tetapi itu nggak berarti kamu bisa mengabaikan pemakaian ulang secara teratur.

3. Konsistensi Penggunaan

Konsistensi dalam penggunaan sangat penting untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV. Pilihlah produk yang nyaman bagimu untuk digunakan setiap hari, baik itu sunblock atau sunscreen.

Melindungi kulit dari sinar UV adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh paparan matahari. Baik sunblock maupun sunscreen dapat menjadi pilihan yang efektif, tergantung pada preferensi dan kebutuhan kulit.

Yang terpenting, jangan lupa untuk mengaplikasikan produk perlindungan matahari secara teratur dan melindungi dirimu dengan pakaian yang sesuai saat berada di luar ruangan. Dengan perawatan yang tepat, kamu dapat menikmati kegiatan di luar ruangan tanpa khawatir tentang dampak buruk dari sinar UV. (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved