inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
November Awal Musim Hujan, Januari-Februari Puncak
Jumat, 8 Sep 2023 18:38
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Menurut prediksi BMKG, puncak musim hujan terjadi pada Januari-Februari 2024. (Getty images)

Menurut prediksi BMKG, puncak musim hujan terjadi pada Januari-Februari 2024. (Getty images)

Berdasarkan prediksi BMKG, Indonesia memasuki awal musim hujan pada November dan puncaknya terjadi pada Januari-Februari.

Inibaru.id - Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan terjadi pada Januari hingga Februari 2024. Lalu kapan kita masuk musim hujan? Diperkirakan, awal musim hujan di Indonesia yaitu November 2023.

"Puncak musim hujan diprediksi terjadi pada Januari hingga Februari 2024," ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, saat konferensi pers daring, di Jakarta, Jumat (8/9).

Disebutkan BMKG, sebab awal musim hujan lambat lantaran angin barat atau Monsun Asia baru aktif memasuki wilayah Indonesia bagian utara pada November mendatang. Namun, tingginya keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan nggak terjadi serentak di seluruh wilayah.

“Saat ini beberapa zona musim telah terkonfirmasi sudah mengalami musim hujan yaitu sebagian besar Aceh, lebih dekat ke arah Benua Asia, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau,” kata Dwikorita.

Meski begitu, curah hujan yang akan turun pada periode musim hujan tahun 2023-2024 juga diprediksi normal.

Namun, beberapa daerah mungkin bakal punya curah hujan lebih tinggi atau lebih rendah dari daerah lain.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan beberapa daerah harus waspada bencana akibat curah hujan. (via RRI)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan beberapa daerah harus waspada bencana akibat curah hujan. (via RRI)

Karena itu, BMKG mengimbau seluruh pihak terkait, termasuk masyakarat dan pemerintah daerah (pemda) agar lebih siap mengantisipasi adanya kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi ketika musim hujan tiba. Sebabnya, wilayah yang punya musim hujan di atas normal akan lebih basah dibanding biasanya, sehingga memiliki risiko lebih tinggi terhadap bencana banjir dan tanah longsor.

Beberapa wilayah yang dimaksud, antara lain Aceh bagian selatan, Sumatra Utara bagian utara, Riau bagian utara, Sumatra Barat bagian selatan, Jambi bagian utara, Bengkulu bagian utara, Sumatra Selatan bagian barat, Banten bagian selatan, Sulawesi Tengah bagian selatan, dan Sulawesi Tenggara bagian selatan.

“Pemerintah daerah diharapkan lebih optimal dalam mengedukasi masyarakat tentang cara menghadapi risiko bencana yang mungkin terjadi selama musim hujan serta pentingnya memperhatikan peringatan dini,” ujar Dwikorita.

Semoga musim hujan datang tanpa bencana ya, Millens. (Siti Zumrokhatun/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved